Peserta TdS 2017 bulan lalu, tampak melintasi tepian danau Singkarak. (Foto:Ist).

Peserta TdS 2017 bulan lalu, tampak melintasi tepian danau Singkarak. Indahnya…(Foto:Ist).

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Setidaknya dua event balap sepeda internasional di Indonesia untuk tahun 2018 sudah diumumkan jadwalnya. Yaitu, Tour de Singkarak (TdS)  pada tanggal 5 – 14 September 2018, dan Tour of  Indonesia (ToI) 2018 pada 25-28 Januari 2018. Keduanya dinyatakan sebagai sport tourism event.

Tour de Singkarak akan merupakan ajang kesepuluh dilaksanakan tahun depan, melintasi 17 kabupaten di kawasan provinsi Sumatra Barat dan satu kabupaten di provinsi Riau, pulau Sumatra, sedangkan ToI akan melintasi 10 kabupaten/kotamadya  di 3 provinsi; Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Start awal ToI dari candi Borobudur dekat kota Magelang, Jawa Tengah  dan berakhir di  Denpasar, Bali.

ToI 2018 akan masuk  dalam kategori 2.1, yang artinya  gelaran ini harus memenuhi standar  yang  lebih tinggi dibandingkan kategori 2.2 seperti  yang tercantum dalam regulasi  UCI.

ToI 2018 dinyatakan akan diikuti oleh 17  tim  terdiri atas; 3 tim sebagai World Tour Team;  2 tim  sebagai Europe Continental Team; dan  15 tim Asian Continental Tour Team.  “ToI 2018 menjadi showcase pariwisata Indonesia serta sarana promosi yang efektif   karena setiap etape yang akan dilalui dirangkai sedemikian rupa melewati obyek wisata untuk mempromosikan keindahan budaya dan panorama Indonesia,” kata Sapta Oktohari, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia, melalui siaran persnya hari ini sebagai penyelenggara ToI 2018

Diumumkan juga bahwa 17 tim yang akan ikut dalam ToI 2018 adalah; World Tour Team ( Uae Team Emirates/UAE,  Bahrain Merida/BRN, dan Asiana Pro Team/KAZ); Europe Continental Team (Sangemini/ITA dan  Aviludo Louletano/POR); dan  Asian Continental Tour Team (KFC Cycling Team/INA, PGN Cycling Team/INA , ACC Cycling Team/INA, Terengganu Cycling Team/MAS,  Team Sapura Cycling/MAS,  Dishgaman Cycling Team/IRI,  Tabriz Shahdary Team/IRI,  LX Cycling Team/KCR,  Kinan Cycling Team/JPN, Thailand Continental Cycling Team/THA, St. George Continental Cycling Team/AUS, dan Isowhey Sports Swiss Wellness/AUS).

Peluncuran ToI ini berarti dilakukan sekitar lima minggu saja sebelum hari event-nya, maka tentulah promosinya pun ke mancanegara berlangsung kurang dari dua bulan. TdS mempunyai waktu luang lebih banyak sehingga masuk akal untuk mempromosikannya ke mancanegara guna bisa mendatangkan wisman, karena masih berada hampir setahun ke depan menuju pelaksanaan event-nya. ***