Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Dirut Sriwijaya Air Group Chandra Lie dan Dirut AP II Muhammad Awaludin mendarat di Bandara Blimbingsari Banyuwangi,Jumat (16/6),mengikuti penerbangan perdana rute langsung Jakarta-Banyuwangi.(Foto:Humas Kemenpar)

Menteri Pariwisata Arief Yahya didampingi Dirut Sriwijaya Air Group Chandra Lie dan Dirut AP II Muhammad Awaludin mendarat di Bandara Blimbingsari Banyuwangi,Jumat (16/6),mengikuti penerbangan perdana rute langsung Jakarta-Banyuwangi.(Foto:Humas Kemenpar)

Sriwijaya Air Group mulai melayani rute baru Jakarta-Banyuwangi PP langsung. Penerbangan perdananya pada Jumat (16/6). Hadir pada inaugurasi itu Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Presiden Direktur Sriwijaya Air Chandra Lie, Direktur Angkasa Pura II Muhammad Awalludin, Direktur Utama Nam Air Jefferson Jauwena, dan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso.

Penerbangan Jakart-Banyuwangi pp dilayaninya satu kali setiap hari n menggunakan  pesawat Boeing 737-500 berkapasitas 120 kursi. Jadwal penerbangannya, dari Jakarta pukul 07.05 WIB, tiba di Banyuwangi pukul 08.35 WIB. Untuk rute sebaliknya, berangkat dari Banyuwangi pukul 09.05 WIB dan akan tiba kembali di Jakarta pada pukul 10.30 WIB.Direktur Komersil Sriwijaya Air Group Toto Nursatyo dalam siaran persnya mengatakan, untuk sementara jadwal penerbangan dilakukan satu kali setiap hari, namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada penambahan jadwal. Sriwijaya Air Group optimis rute ke dan dari Banyuwangi akan terus berkembang.

Kegiatan pariwisata di Banyuwangi terus berkembang terutama dalam beberapa tahun terakhir. Begitupun dengan sektor usaha lain yang juga bergeliat. Selain itu, kehadiran sejumlah kampus negeri di Banyuwangi juga mendorong kabupaten ini mulai didatangi lebih banyak orang dari luar daerah.

6 rute baru

Selain meresmikan penerbangan Jakarta-Banyuwangi PP, di hari yang sama, Sriwijaya Air Group juga meresmikan empat rute penerbangan langsung lainnya. Dilayaninya pun satu kali setiap hari. Keempat rute baru itu: Jakarta-Sampit PP, Jakarta-Pangkalan Bun PP, Makassar-Mamuju PP, dan Pangkalan Bun-Semarang PP. Sedangkan rute Jakarta-Jogjakarta PP merupakan tambahan frekuensi pelayanan.

Wisman di Taman Nasional Tanjung Puting.Akses ke taman nasional ini semakin terbuka dengan bertambahnya penerbangan ke Pangkalan Bun.(Foto:oranguta tours)

Wisman di Taman Nasional Tanjung Puting.Akses ke taman nasional ini semakin terbuka dengan bertambahnya penerbangan ke Pangkalan Bun.(Foto:orangutan tours)

Jadwal penerbangan Jakarta-Sampit PP yaitu berangkat dari Jakarta pukul 11.15 WIB, tiba di Sampit pukul 12.40 WIB. Rute sebaliknya, berangkat dari Sampit pukul 13.10 WIB dan tiba kembali di Jakarta pada pukul 14.35 WIB.

Rute Jakarta-Pangkalan Bun berangkat dari Jakarta pukul 06.40 WIB, tiba di Pangkalan Bun pukul 08.00 WIB. Rute sebaliknya, dari Pangkalan Bun berangkat pukul 11.30 WIB dan tiba kembali di Jakarta pukul 12.50 WIB.

Penerbangan ke dan dari Pangkalan Bun juga akan dilayani dari Semarang. Rute Pangkalan Bun-Semarang PP yakni berangkat dari Pangkalan Bun pukul 08.30 WIB, tiba di Semarang pukul 09.30 WIB. Rute sebaliknya, pesawat berangkat dari Semarang pukul 10.00 WIB dan tiba kembali di Pangkalan Bun pada pukul 11.00 WIB.

Sriwijaya Air juga terus berekspansi melayani rute di intra-Sulawesi. Yang terbaru adalah rute penerbangan Makassar-Mamuju PP. Berangkat dari Makassar pukul 09.35 WITA, tiba di Mamuju pukul 10.20 WITA. Dan rute sebaliknya, pesawat berangkat dari Mamuju pukul 10.55 WITA dan tiba kembali di Makassar pada pukul 11.45 WITA.

Frekuensi pelayanan di rute Jakarta-Jogjakarta PP juga bertambah. Jadwal penerbangannya, dari Jakarta pukul 19.35 WIB, tiba di Jogjakarta pada pukul 20.45 WIB. Sedangkan rute sebaliknya, dari Jogjakarta pukul 19.20 WIB dan akan tiba di Jakarta pada pukul 20.30 WIB.

Sedangkan pada tanggal 22 Juni 2017, Sriwijaya Air Group, khususnya Nam Air, juga akan meresmikan rute baru lainnya, Manado-Denpasar PP. Rute tersebut akan dilayani satu kali setiap hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-500 dengan kapasitas 120 kursi. Jadwalnya, dari Manado pukul 18.15 WITA, tiba di Denpasar pukul 20.20 WITA. Sedangkan penerbangan sebaliknya, dari Denpasar pukul 21.10 WITA dan akan tiba kembali di Manado pukul 23.15 WITA.***