Begini tampak para pengunjung di Sony Open itu mengerubungi pegolf favorit mereka.(Foto: Open sony in Hawaii).

Begini tampak para pengunjung di Sony Open itu mengerubungi pegolf favorit mereka.(Foto: Open sony in Hawaii).

Jakarta, ( ITN – IndonesiaTouristNews ): Judul berita ini tadinya antara lain: Pertandingan Golf Menarik 50.000 Pengunjung. Bacalah lebih lanjut, ternyata memompakan sekitar US$ 100 juta pada ekonomi Hawaii dalam beberapa hari itu, dan, menyumbangkan $ 17 juta pada lebih dari 350 badan amal.

Tapi ya, dari pengalaman itu terbaca, betapa sport tourism bisa memberi peran besar bagi pariwisata, bahkan bagi dampak sosial ekonomi. Namun, untuk “mencapai hasil” tersebut, event itu pun memerlukan kualitas tertentu dalam pengelolaannya. Golf memang tergolong “high end segmentation” dilihat dari sasaran konsumen atau “wisatawan pengunjung” yang hendak dicapainya, sehingga “konten” dari aktivitas event serta pengaturannya pun haruslah sesuai dengan “selera” dan “kenyamanan” yang diinginkan oleh segmen tersebut.

Bagaimana “sport tourism” pertandingan golf ini mereka kelola? Diberitakan online kemarin oleh “eTN”. Mari baca: Sony Terbuka 2018 dimulai pada 10 Januari di Waialae Country Club di pulau Oahu, (Hawaii). Di situ para amatir bisa menyumbang untuk amal dan (kesempatan) bermain dengan bintang golf profesional. Orang-orang mulai tiba jam 6 pagi untuk melihat sekilas pemain favorit mereka.

Pengunjung alias turis ke Waikiki dapat menghadiri acara itu dengan tiket seharga $ 25 per hari, atau $ 60 untuk seluruh turnamen. Semua anggota militer dan anggota keluarga boleh masuk bebas dengan identitas militer resmi. Bus Umum nomor 22 masuk ke Sony Open di Waialae Country Club; rute dimulai di Kalakaua Avenue, di sisi gunung kantor pos Waikiki. Semua bus umum itu lengkap dengan kursi roda artinya tersedia bagi pengguna para penyandang disabilitas.

Ada kursi roda yang dapat diakses antar jemput untuk Sony Open yang dioperasikan oleh E Noa Tours. Dimulai di Hilton Hawaiian Village, dan melakukan perjalanan melalui Waikiki sebelum berjalan menuju turnamen. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pesawat ulang-alik, silakan menghubungi kantor operatornya di 808-593-8750. Lokasi drop-off yang ditunjuk untuk penyandang cacat adalah di tempat parkir Pro Shop yang berdekatan dengan pintu masuk utama.

Tinggalkan ransel, kamera dan tas Anda. Tas yang dibolehkan dibawa adalah tak lebih besar dari 6 “x 6” x 6 “; Tidak ada tas jinjing, plastik, vinil atau barang bawaan lainnya yang berukuran lebih besar dari 12 “x 6″ x 12 ” yang akan diizinkan.

Turnamen ini menghasilkan lebih dari $ 17 juta yang akan disumbangkan untuk lebih dari 350 badan amal di Kepulauan Hawaii.

Proyek ini disiarkan ke lebih dari 560 juta rumah di 220 negara dan wilayah melalui beberapa jaringan nasional dan internasional, dan menyumbang sekitar $ 100 juta sebagai dampak pemasaran dan ekonomi bagi Hawaii. Demikianlah diberitakan.

Tapi ya, terlepas dari sasaran “high end visitors” atau bukan, sebenarnya, pada prinsipnya mengelola event memang haruslah sedari awal punya konsep bagaimana “melayani” dan apa yang baik ditawarkan kepada calon-calon pengunjung alias wisatawannya. Kalau calon pengunjung mengetahuinya dengan jelas dan “definite”, kecenderungan untuk datang tentu akan lebih banyak.***