Peta rute KA Bandara Jakarta.

Peta rute KA Bandara Jakarta.

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): PT Railink melaksanakan soft launching pengoperasian kereta bandara dari Jakarta ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta/SHIA) di Cengkareng, Banten mulai tanggal 26 Desember 2017. Pada tahap pertama pemberangkatan dari Stasiun Sudirman Baru atau Stasiun BNI City dan dilayani di dua stasiun berikutnya. Harga tiket promosi Rp 30.000,00 per orang per trip.

Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto, menerangkan dalam siaran persnya, Senin (25/12), perjalanan kereta bandara dibuka untuk umum mulai dari tanggal 26 Desember 2017. Pada tahap pertama operasional Kereta Api (KA) Bandara baru akan melayani 3 stasiun dari 5 stasiun yang direncanakan, yaitu Stasiun BNI City/Sudirman Baru – Batu Ceper – Bandara Soetta (SHIA).

Informasi dari Kementerian Perhubungan menyebutkan, KA Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini memiliki total 10 rangkaian yang berkapasitas penumpang secara keseluruhan sekitar 272 orang, rencana jadwal operasionalnya pukul 03.21 sampai 22.51 WIB setiap hari dengan total 42 perjalanan pp dengan durasi setiap perjalanan sekitar 55 menit. Beroperasinya secara penuh akan dimulai pada 2 Januari 2018.

Tahap selanjutnya dari Stasiun BNI City – Duri – Batu Ceper – Bandara Soetta  (SHIA). Setelah pembangunan peron di Stasiun Manggarai selesai, baru kemudian KA Bandara Soetta akan mengawali pemberangkatannya dari Stasiun Manggarai. Sehingga nantinya ada 5 stasiun yang akan dilayani yaitu Stasiun Manggarai – BNI City – Duri – Batu Ceper – Bandara Soetta (SHIA).

Gambar desain kereta bandara Soekarno Hatta International Airport.Tidak ada penumpang berdiri.Di dalam kereta dilengkapi rak menaruh barang bawaan.(Sumber:Railink)

Gambar desain kereta bandara Soekarno Hatta International Airport.Tidak ada penumpang berdiri.Di dalam kereta dilengkapi rak menaruh barang bawaan.(Sumber:Railink)

“Targetnya 82 kali pemberangkatan per hari. Tetapi sementara kami melayani 42 pemberangkatan KA sampai fasilitas penunjang di Stasiun Duri selesai. Kami akan mempercepat penyelesaiannya,” ujar Heru.

Pada tahap awal PT Railink memberikan harga tiket promo Rp 30 ribu per orang per trip. Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo harga tiket Rp 70 ribu per orang per trip. Harga normal tiket KA Bandara Rp 100 ribu per orang per trip tetapi operator KA Bandara belum bisa memastikan kapan akan memberlakukannya.

“Berapa lamanya nanti kami akan lihat. Kami akan terus evaluasi,” katanya.

Namun, bagi warga Bogor, Depok dan Bekasi, untuk naik KA Bandara ini memang belum sepenuhnya terintegrasi langsung pada tahap awal. Bagi warga di kota-kota satelit Jakarta itu bisa menumpang kereta komuter tujuan Tanah Abang dengan turun di Stasiun Sudirman menuju Stasiun Sudirman Baru/Stasiun BNI City. Sedangkan warga Tangerang bisa menumpang kereta komuter dan transit di Stasiun Batu Ceper.****