Didien Junaedy

Didien Junaedy

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Ketua Umum DPP GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) Didien Junaedy menyatakan saat ini tengah dalam proses mempersiapkan terbentuknya GIPI di daerah-daerah yaitu di  NTB (Nusa Tenggara Barat), Jateng (Jawa Tengah), Sumsel (Sumatra Selatan), Sulsel (Sulawesi Selatan), Sulut (Sulawesi Utara) dan Sumbar (Sumatra Barat).

Tetapi, pelaksanaannya bisa cepat atau lambat, “bergantung pada (kalangan) organisasi di daerah,” Didien Junaedy menegaskan.

GIPI daerah yang sudah terbentuk dan kepengurusannya telah dilantik atau dikukuhkan oleh Gubernur daerah bersama Ketua Umum DPP GIPI adalah di provinsi Bangka Belitung (Babel) dan provinsi Jatim (Jawa Timur).

Di GIPI tergabung semua organisasi unsur industri pariwisata di Indonesia.

Tahun 2017 ini GIPI telah melaksanakan rapat kerja nasional (rakernas) pada 27/11/2017 di Jakarta. Dari rakernas tersebut telah dirumuskan lagi peran dan aktivitas ke depan GIPI dalam rangka mendorong pencapaian target jumlah kunjungan wisman 17 juta di tahun 2018 dan jumlah 20 juta wisman di tahun 2019.

“Begitu pula adanya usulan kebijakan untuk industri seperti halnya di bidang perbankan, “ kata Didien.

Di tengah rakernas tersebut GIPI menyelenggarakan satu focus group discussion (fgd) yang membahas mengenai perkembangan kredit perbankan di sektor pariwisata. Hasilnya antara lain memberikan usulan-usulan kebijakan yang diperlukan bagi industri pariwisata Indonesia.***