Stasiun Gambir kini jauh lebih nyaman, namun kurang ruangan tunggu berAC dan fasilitas toilet gaya internasional. (Foto: YD)

Stasiun Gambir kini jauh lebih nyaman, namun kurang ruangan tunggu berAC dan fasilitas toilet gaya internasional. (Foto: YD)

Lebih dari empat bulan sebelumnya, yaitu kemarin dulu, manajemen PT KAI telah mengumumkan secara luas, bahwa penjualan tiket kereta api untuk perjalanan jarak jauh, tidak akan lagi dijual di stasiun kereta api, efektif mulai 15 Agustus 2014, tetapi semua pembelian tiketnya harus dilakukan melalui online. Pujian ini disampaikan mengingat seringkali terjadi, pengumuman ke masyarakat tentang kenaikan harga, perubahan peraturan, dan semacamnya, oleh manajemen pelbagai perusahaan atau instansi dilakukan cenderung mendadak. Perubahan harga yang dinaikkan tiba-tiba, misalnya, niscaya menimbulkan kesusahan bahkan “kerugian” terhadap masyarakat konsumen. Salut lainnya ialah kenyataan potensi kereta api kini membuka babak baru memasarkan dan menjual paket perjalanan dan wisata overland di Pulau Jawa hingga ke Bali, bagi wisnus dan wisman.

Berkat rel ganda, perjalanan Jakarta–Surabaya dengan kereta menghemat waktu hingga tiga jam. Frekuensi perjalanan KA tentu akan bertambah dan bervariasi. Berkeliling di Pulau Jawa seperti antarnegara di Eropa.

 

Tak seperti dulu lagi

Di stasiun Pekalongan, memberi perasaan “nyaman” menikmati suasana berkarakter country side, matahari serasa lebih lambat berputar daripada di kota-kota besar, padahal di situ ada International Batik Center, Museum Batik, dan lain daya tarik. (Foto: YD)

Di stasiun Pekalongan, memberi perasaan “nyaman” menikmati suasana berkarakter country side, matahari serasa lebih lambat berputar daripada di kota-kota besar, padahal di situ ada International Batik Center, Museum Batik, dan lain daya tarik. (Foto: YD)

Berwisata atau melakukan perjalanan dengan kereta ternyata kini menarik. Bisa dikatakan stasiun-stasiun di Pulau Jawa merupakan bangunan-bangunan lama kaya kisah dan sejarah. Jadwal kereta bisa dilihat dalam situs PT Kereta Api Indonesia, membelinya juga bisa secara Online atau melalui loket penjualan tiket atau datang ke agen perjalanan. Setiap pembelian tiket kereta harus memperlihatkan  identitas diri. Tak akan terjadi lagi beberapa penumpang punya nomor tempat duduk yang sama, naik kereta darimana pun. Di stasiun, hanya penumpang dengan tiket di tangan yang dibolehkan masuk hingga ke peron. Sebelum masuk, tiket dan identitas diri penumpang diperiksa. Petugas senantiasa mengumumkan kereta yang datang dan akan berangkat serta beradanya di jalur mana.

Seraya memastikan daerah siap menerima tamu, baik dilakukan sedari awal kini promosi mengenai daerah Anda kapanpun dan kepada

siapapun. Jalur kereta di utara Jawa bahkan lebih panjang daripada postweg, jalur pos, yang dibangun Belanda dari Anyer hingga Panarukan. Jalur perkeretaapian di Pulau Jawa sebagian besar juga merupakan peninggalan Belanda. Kisah-kisah dari rangkaian jalur rel kereta yang melewati daerah Anda, niscaya akan menarik bila digali, dan “Kami generasi muda tetap terhubung dengan masa lalu bangsa dan negara ini,” kata beberapa pemuda penggemar wisata. Bukan sekedar romantisme belaka atau mengingatkan luka akibat penjajahan tapi untuk mengingatkan dan membangkitkan semangat untuk berwisata. Itu bagi wisnus.

Bagi wisman, terbukanya perjalanan dengan kereta yang meningkatkan kapasitas dan menambah frekuensi, untuk tur overland di Pulau Jawa, —berkat sudah digunakannya rel ganda— kini membuka babak baru pula untuk pengalaman baru. Beberapa agen perjalanan dan operator tur yang ‘progresif’ memang sudah melirik. Dan ada yang sudah bersiap-siap mengemas produk baru dan ingin memasarkannya..

Cerita selengkapnya mohon mampir di di www.newsletter-pariwisataindonesia.com