Forum Airlines mengisi Diskusi Panel II pada hari pertama Rakornas Pariwisata ke-4 tahun 2017.(Foto:YD)

Forum Airlines mengisi Diskusi Panel II pada hari pertama Rakornas Pariwisata ke-4 tahun 2017.(Foto:YD)

Jakarta,( ITN- IndonesiaTouristNews ): Tahun kunjungan wisata ke Indonesia, VIWI 2018 – telah dimulai. Maskapai-maskapai penerbangan nasional menyatakan dukungannya mensukseskan program nasional Visit Wonderful Indonesia (VIWI) 2018. Itu dikemukakan oleh empat orang mewakili Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air dan Sriwijaya Air saat sesi penutup Diskusi Panel kedua, Forum Airlines, pada hari pertama Rapat Koordinasi Nasional Pariwisata IV 2017 VIWI 2018, Selasa (12/12/2017).

Nicodemus P. Lampe, Direktur Pelayanan Garuda Indonesia, menyatakan dalam paparannya akan mendukung VIWI 2018 dengan memanfaatkan jaringan pelayanan Garuda Indonesia yang melayani 109 rute ke 65 destinasi. Sedangkan anak perusahaan Citilink melayani 59 rute ke 27 destinasi.

Kedelapan belas destinasi terpilih saat ini dalam VIWI 2018 akan terhubung dengan penerbangan langsung maupun melalui hub-hub utama Garuda Group. Ini juga akan dimasukkan ke dalam rencana Garuda Group membuka beberapa tambahan rute.

Pada tahun 2017, Garuda Indonesia mendukung pariwisata Indonesia dan Kementerian Pariwisata dengan menggunakan seluruh kanal komunikasi yang dimiliki perusahaan, termasuk 19 kantor cabang di luar negeri, dan 15 General Sales Agent (GSA).

Pada diskusi panel itu Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi, Managing Director Lion Air Group, mengatakan, Grup Lion berencana menambah 27 rute baru ke 20 kota di Cina. Pengembangan rute barunya dari Jakarta, Denpasar, Batam dan Lombok ke sejumlah kota di Cina.

Perwakilan dari Citilink dan Sriwijaya Air pun mengemukakan hal serupa. Maskapai-maskapai penerbangan tersebut akan memanfaatkan rute-rute yang dilayaninya untuk membawa langsung maupun mengkoneksikan wisatawan dari mancanegara ke Indonesia serta mendistribusikan wisatawan domestik ke lebih banyak destinasi di Nusantara. Ekspansi rute pelayanan pun akan dilakukan dalam tahun ini.****(Yun Damayanti)