Ramai Ceria Bandung hari Sabtu ini; Karnaval Kemerdekaan, Penonton pun Dihimbau Datang Berpakaian Daerah Nusantara

Jumpa pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Balairung Soesilo Soedarman,kantor Kemenpar,Jakarta (22/8).(Foto:Humas Kempar)

Jumpa pers Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Balairung Soesilo Soedarman,kantor Kemenpar,Jakarta (22/8), Tampak Menpar Arief Yahya (ke-4 kiri) dan Walkot Bandudng Ridwan Kamil (ke-3 kanan).(Foto:Humas Kempar)

Hari Sabtu besok ini, 26 Agustus 2017, akan ada Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 di Kota Bandung. Ini puncak perayaan 17 Agustus sekaligus menutup bulan kemerdekaan tahun ini. Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana direncanakan ikut di dalam pawai karnaval. Peserta akan berparade sepanjang 3,8 kilometer di pusat kota dan menampilkan beragam ekspresi budaya dari seluruh Nusantara.

“Bandung dikenal sebagai kota kreatif dan budaya. Pemilihan Bandung sebagai tempat penyelenggaraan akan semakin menguatkan posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengatakan pada saat jumpa pers yang dilakukan di kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa (22/8), warga kota Bandung yang hendak menonton karnaval diarahkan untuk mengenakan pakaian daerah atau pakaian nasional.

Parade akan dimulai pada pukul 9.30 dari depan Gedung Sate. Kemudian menuju Jalan Ir. H. Juanda atau kawasan Dago, Jalan Merdeka, Taman Vanda di depan kantor Bank Indonesia, Jalan Asia Afrika dan berakhir di kawasan Alun-alun dan Masjid Raya Bandung. Karnaval ini akan berlangsung selama sekitar 3,5 jam.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan ikut berpawai mulai dari depan Gedung Sate dengan menaiki Kereta Pancasila yakni satu mobil hias yang dirancang oleh lima orang seniman asal Bandung. Kereta itu menyiratkan makna kerja budaya dan gotong royong yang mengejewantah dalam laku budaya berupa kebersamaan. Presiden dan Ibu Negara akan turun di depan podium kehormatan di Taman Vanda untuk kemudian menyaksikan arak-arakan peserta Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017.

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba,karnaval kemerdekaan tahun lalu.(Foto:Humas Kempar)

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba,karnaval kemerdekaan tahun lalu.(Foto:Humas Kempar)

Tema “Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama”. Total talent yang berpartisipasi mencapai 60 kelompok peserta yang menampilkan warna-warni, olah gerak, dan suara-suara. Talent melibatkan komunitas-komunitas yang ada di Bandung dan telah melalui kurasi dari Tim Pelaksana yang dipimpin oleh seorang budayawan Kota Kembang.

Komunitas-komunitas di Bandung yang akan ikut berpartisipasi antara lain Paguyuban Sepeda Baheula Bandung, Komunitas Historia van Bandung, Pemain engrang Jack Obin, Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan, para atlet sepatu roda KONI Bandung, dan komunitas Cosplay Bandung.

Lalu ada Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong dari Sumedang, kesenian Gotong Garuda, kesenian Sisingaan dari Subang, Reog Ponorogo dan perwakilan dari berbagai provinsi di Indonesia. Selain itu, Jember Fashion Carnaval (JFC), Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival pun akan ikut memeriahkan pawai karnaval.

Dipilihnya Bandung sebagai tuan rumah penyelengaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 karena, salah satunya, kota ini dikenal kreatif.

 

Aat Suratin selaku penggagas, pelaksana dan kurator karnaval mengatakan, ekspresi keragaman budaya tercermin dari kostum peserta, seni tari, musik dan rupa yang ditampilkan.

“Seluruh peserta karnaval, baik yang menampilkan budaya tradisional maupun kontemporer akan mengekspresikan olah kreatif dari tema utama karnaval yaitu ‘Menyalakan Api Semangat Kerja Bersama’,” kata Aat.

Salah satu kostum di Jember Fashion Carnival 2017.Suasana JFC akan dihadirkan di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 pada Sabtu (26/8) di Bandung.(Foto:Humas Kempar)

Salah satu kostum di Jember Fashion Carnival 2017.Suasana JFC akan dihadirkan di Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 pada Sabtu (26/8) di Bandung.(Foto:Humas Kempar)

Dynand Fariz, penggagas dan Presiden Jember Fashion Carnaval menyatakan, akan membawa beberapa kostum dari JFC yang telah memenangkan penghargaan-penghargaan di dunia untuk diperlihatkan kepada publik di Bandung. Talent dan model dari JFC akan ikut diboyong ke Bandung akhir pekan ini.

Selain menonton karnaval, masyarakat maupun wisatawan juga dapat menikmati Festival Komunitas di sepanjang Jalan Soekarno hingga Taman Sungai Cikapundung di samping gedung Museum Asia Afrika.

Karnaval Kemerdekaan merupakan puncak perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Karnaval ini adalah karnaval rakyat. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Pontianak, Kalimantan Barat dengan tajuk “Karnaval Khatulistiwa”. Penyelenggaraan kedua tahun 2016 di Parapat dan Balige di tepian Danau Toba. Karnaval Kemerdekaan tahun lalu bertajuk “Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba”.

Presiden menginginkan Karnaval Kemerdekaan diselenggarakan berpindah-pindah agar masyarakat di daerah-daerah lain ikut merasakan kegembiraan, tidak terpusat di Jakarta saja. Dalam penyelenggaraan tahun ini, panitia nasional (pemerintah) hanya selaku fasilitator. Konten dan pelaksanaannya diserahkan kepada tuan rumah karnaval.*** (Yun Damayanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published.