Monas Tours Table Top di Hatten Place Malaka,Rabu (26/2/2020).(Foto: Monas Tours)

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Kegiatan pomosi pariwisata Indonesia di luar negeri tidak berhenti. Di antaranya menunjukan pemangku-pemangku kepentingan lain semakin memperhatikan dan mendukung kegiatan-kegiatan promosi pariwisata Indonesia di mancanegara.

Walaupun tahun ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tidak hadir di ajang MATTA Fair 2020 awal tahun, pelaku-pelaku industri pariwisata dari Indonesia tidak serta merta juga tidak hadir di Kuala Lumpur, Malaysia. Satu operator tur inbound asal Surabaya untuk ketiga kalinya menghelat kegiatan table top di Malaysia secara mandiri. Tahun ini penyelenggaraan table top-nya berkolaborasi dengan MATTA Chapter Malaka dan MTA, asosiasi perjalanan di Malaka. Hasilnya, beberapa sellers mengkonfirmasi telah memperoleh pemesanan untuk bulan Juli dan seterusnya.

Dari Perancis dikabarkan, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Paris dan Konsulat Jenderal RI di Marseilles mendukung kegiatan promosi pariwisata masing-masing di kota Paris dan Toulouse. Khususnya di Paris, Duta Besar RI Arrmanatha Christiawan Nasir, dengan mengenakan pakaian khas Bali, menyambut seratusan buyers dan menerangkan tentang Indonesia. Selain itu, dukungan juga diperoleh dari maskapai-maskapai penerbangan internasional diantaranya Singapore Airlines dan Turkish Airlines yang juga menjadi bagian dari sellers. Di bulan Februari 2020, VITO Perancis menggelar roadshow di empat kota.

Indonesia Roadshow 2020 di kota Bordeaux.(Foto : VITO France)

Workshop Indonesia 2020 di Perancis

Penyelenggaraan business-to-business workshop tourism di empat kota yakni Toulouse, Bordeaux, Paris, dan Lille bertepatan dengan perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Perancis tahun ini. Kegiatan promosi itu dilakukan mulai dari 24 Februari hingga 27 Februari 2020.

Mitra-mitra yang ikut berpartisipasi menjadi sellers dari berbagai sektor yakni maskapai penerbangan, hotel/resor, operator tur/agen perjalanan, dan kapal pesiar. Maskapai penerbangan yang ikut terdiri dari Singapore Airlines, Qatar Airways, Turkish Airlines, Emirates, EVA Air, dan Asiana Airlines. Dari akomodasi diwakili grup Plataran Indonesia dan Pramana Hotels. Kemudian, Archipel Contact, Golden Kris, Shanti Travel, dan Garuda Holidays France adalah operator tur/agen perjalanan yang menjual beragam paket-paket wisata ke Indonesia. Dan dua operator kapal pesiar Star Clipper France dan Aqua Expeditions.

Selama workshop, disampaikan informasi-informasi terbaru terkait produk-produk perjalanan dan perkembangan pariwisata di Indonesia khususnya di lima destinasi super prioritas. Kegiatan ini menjadi penting di tengah isu wabah virus corona COFID-19. Melalui pertemuan bisnis tersebut Indonesia bisa meyakinkan mitra-mitra agen-agen perjalanan/operator tur di Perancis bahwa Indonesia aman dikunjungi dan mereka dapat terus menjual paket-paket wisata.

Workshop Indonesia 2020 merupakan workshop keempat yang diselenggarakan oleh VITO Perancis. Tahun ini dihadiri total 280 buyers, paling banyak dari Paris yang mencapai sekitar 150 orang.

“Untuk memasarkan pariwisata Indonesia tidak hanya berupa penempatan iklan saja tetapi juga didukung kegiatan penjualannya. Kami telah melakukan joint marketing dengan maskapai-maskapai penerbangan. Di situ ada cost share. Maskapai akan membuat promosi khusus dengan harga spesial pada jangka waktu tertentu untuk boost destination,” ujar Eka Moncarre, Country Manager VITO Perancis.

Table top swasta di Malaysia

Monas Tours menggelar table top ketiga kalinya di Malaysia. Kegiatan promosi dan penjualan tahun ini berlangsug di Malaka pada 26 Februari 2020 dan Kuala Lumpur pada 27 Februari 2020. Di Malaka hadir 40 agen perjalanan/operator tur, sedangkan di Kuala Lumpur dihadiri 50 agen perjalanan/operator tur. Mereka bertemu dengan 17 sellers dari Surabaya, Batu-Malang, Jakarta, Bandung, Jogja dan Bali yang menjual produk-produk akomodasi, golf course dan taman rekreasi (theme park).

Ihwal kolaborasi antara Monas Tours dengan MATTA Chapter Malaka dan MTA dari antusiasme mitra-mitra di Malaysia untuk menjual paket-paket perjalanan ke Indonesia. Melalui jejaring bisnisnya, mereka mengundang buyers datang ke table top yang diinisiasi dan dijalankan secara mandiri oleh operator tur inbound asal Surabaya ini. Konjen RI untuk Johor Bahru Sunarko membuka dan menyambut peserta table top di Malaka.

Sellers dan buyers di Monas Tours Table Top di Swiss Garden Hotel, Kuala Lumpur,Kamis (27/2/2020).(Foto:Monas Tours)

“Kami lihat tidak ada penurunan keinginan untuk bepergian keluar negeri di pasar Malaysia. Betul, saat ini mereka memang menundanya sementara waktu. Dari sellers yang berpartisipasi, sudah ada yang menginformasikan telah memperoleh pemesanan untuk periode Juli-Agustus 2020. Jadi menurut saya, pasar ini, yang tidak terlalu heboh dengan isu virus corona, perlu segera digarap,” ujar Monas Tjahjono, Direktur Monas Tours.

Ke depannya, diharapkan ada maskapai-maskapai penerbangan tertarik untuk bekerja sama guna merawat pasar yang sudah ada dan meningkatkan jumlah kunjungan ke Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya.***(Yun Damayanti)