Program Sastra Internasional di Museum Kata Andrea Hirata di Belitung Jumat Ini; Penambah Faktor Atraksi Wisatanya?

Museum Kata Andrea Hirata di Gantong,Belitung Timur sekarang.(Foto:Museum Kata Andrea Hirata)

Museum Kata Andrea Hirata di Gantong,Belitung Timur sekarang.(Foto:Museum Kata Andrea Hirata)

Ini event unik tentang sastra di pulau Belitung, tapi internasional. Museum Kata Andrea Hirata di Gantong, Belitung Timur akan menyelenggarakan International Literary Program (Program Sastra Internasional) besok Jumat, 7 Juli 2017. Apabila Anda merencanakan datang atau masih berada di Pulau Belitung pada hari tersebut dan menyaksikannya, tentu itu akan memberikan pengalaman unik pula. Di situ kesusastraan berkolaborasi dengan seni musik, akan kembali mengungkap bagaimana pulau ini dikenal kembali secara nasional dan mancanegara pasca tambang timah. Lalu menjadi destinasi wisata dalam negeri dan mancanegara.

Dikabarkan pada ITN, programnya akan mulai pukul 15.30 WIB, bertempat di Museum Kata Andrea Hirata di Jalan Laskar Pelangi No.10 Gantong Belitong Timur. Selain membaca karya Andrea Hirata dengan iringan musik, akan ada penampilan musik akustik dan melayu yang akan dibawakan langsung oleh Andrea Hirata bersama penyanyi Meda Kawu dan Al Sebastian dari Djazz School Jakarta.

Karya Andrea Hirata yang akan dibacakan adalah cerpen “Dry Season”, pernah diterbitkan di harian Kompas. Cerpen itu akan dibacakan oleh Profesor Jose  Luis Llopis, Associate Professor di Compultense University of Madrid; Fumi Kakudo, seorang mahasiswa program master di Tokyo University of Foreign Studies, Jepang; dan Vanessa Reksodipoetro, lulusan manajemen dari Universite Paris X Nanterre. Ketiganya masing-masing akan membacakan cerpen yang sama dalam bahasa Spanyol, Jepang, dan Perancis.

Even International Literary Program diselenggarakan dalam rangka mendorong minat baca nasional sekaligus memperkenalkan budaya melayu ke mancanegara. Acara ini juga menandai aktifitas di fasilitas baru Museum Kata Andrea Hirata yakni Kamar Kata (Word Room). Kamar kata ditujukan sebagai suatu ruang untuk membaca dan menulis (Reading and Writing Space). Bisakah ini menjadi penambah faktor daya tarik bagi wisatawan peminatnya, special interest tour?***

Leave a Reply

Your email address will not be published.