Jaket bomber Zara yang hits bulan November lalu setelah Presiden Jokowi mengenakannya dalam sebuah acara jumpa pers.(Foto:Twitter)

Jaket bomber Zara yang hits bulan November lalu setelah Presiden Jokowi mengenakannya dalam sebuah acara jumpa pers.(Foto:Twitter)

Kadang-kadang, kita merasa bingung ketika hendak memilihkan barang buat dijadikan hadiah kepada pasangan, anak, orang tua, keluarga, sahabat dan kolega yang berulang tahun atau merayakan hari jadi.

Dikumpulkan dari National Geographic dan Travel+Leisure, berikut ini ada beberapa ide barang-barang yang bisa dijadikan hadiah, terutama kepada mereka yang Anda tahu menyukai aktivitas jalan-jalan atau sering bepergian untuk kepentingan bisnis dan pekerjaan.

Koper dan briefcase Tumi.(Foto:tumi.com)

Koper dan briefcase Tumi.(Foto:tumi.com)

Koper dan tas

Sebuah koper tidak akan terlalu besar untuk sebuah hadiah. Business traveler dan mereka yang tidak suka menunggu bagasi di bandara akan merasa senang menerima hadiah sebuah koper berukuran mungil yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat.

Ransel punggung ala backpacker pun kini tidak kalah trendi. Tersedia dalam berbagai ukuran. Hadiahkan ini kepada mereka yang mencintai aktivitas luar ruang dan gemar berpetualang.

Travel bag untuk liburan singkat, di akhir pekan misalnya, kini punya banyak model. Mulai dari yang menampilkan gaya chic, sampai yang menggemaskan ala remaja. Tas perjalanan ini juga bisa dimanfaatkan buat membawa belanjaan oleh-oleh yang tidak pernah sedikit dari pulang bepergian.

Kamera GoPro Hero5.(Foto:shop.gopro.com)

Kamera GoPro Hero5.(Foto:shop.gopro.com)

Tas backpack, tas messenger atau postman, atau tote bag banyak dipilih guna menyimpan dokumen perjalanan penting dan barang-barang berharga selama perjalanan. Tas yang terbuat dari bahan kulit akan memberi kesan chic dan stylish, dari bahan parasut memberi kesan sporty dan mobile, sedangkan bahan kanvas memberi kesan santai. Bagi business traveler, briefcase tidak hanya berguna untuk menyimpan semua material pekerjaan tetapi juga menambah detil pada gaya berbusananya.

Dompet serba guna atau multifunction case holder, bisa menjadi hadiah yang akan sangat diapresiasi bagi pecinta jalan-jalan dan business traveler. Wanita maupun pria pasti akan menyukainya.

Walaupun pria bukan tidak membutuhkannya, tas kecil berbahan plastik atau silikon dilengkapi dengan restleting (zip) dibutuhkan oleh perempuan. Tas kecil ini juga multifungsi buat mereka, terutama untuk membawa perlengkapan peratawan tubuh dan kosmetiknya.

Penampilan

Masih ingat jaket bomber berwarna cokelat khaki keluaran Zara yang dikenakan oleh Presiden Jokowi bulan November lalu? Gaya Presiden RI itu sempat viral di dunia maya dan diikuti oleh banyak kaum pria di Indonesia.

Hoody-sweater dengan penutup kepala- yang terbuat dari bahan ringan seperti katun atau campuran dengan benang wol tipis, sweater rajut dari benang wol, dan jaket atau parka bisa jadi pilihan sebagai hadiah kepada mereka yang sering bepergian. Bahkan, jas hujan (rain coat) dan wind breaker jacket, jenis pakaian luar itu sekarang tidak lagi membosankan model dan warnanya di Indonesia.

Meskipun tidak terihat dari luar, sweat pants, legging, tanktop atau kamisol dari katun atau campuran dengan nilon akan jadi hadiah manis. Jenis pakaian ini multifungsi dan tidak kehilangan gaya.

Sepatu trekking wanita Consina ini produk dalam negeri.(Foto:shop.consina-adventure.com)

Sepatu trekking wanita Consina ini produk dalam negeri.(Foto:shop.consina-adventure.com)

Sneaker, sepatu bot, flat shoes, sandal tali dengan sol dari karet nyaman buat melakukan perjalanan. Sol karet ideal untuk segala medan. Sepatu khusus trekking dan sandal gunung bisa jadi pilihan hadiah bagi pecinta alam dan kegiatan luar ruang. Sekarang sudah ada produsen dari Indonesia yang menyediakan sepatu trekking ukuran kaki wanita Indonesia.

Scarf lebar terbuat dari bahan kashmir atau kain tenun bisa dijadikan hadiah bagi pria yang banyak melakukan perjalanan. Scarf itu multifungsi buat pria selain juga sebagai aksesoris busana. Bagi perempuan, scarf lebar juga bisa dikenakan sebagai hijab.

Perawatan tubuh dan kosmetik

Perawatan tubuh dan kosmetik dalam ukuran travelpack. Ini cocok dijadikan hadiah kepada perempuan yang sering melakukan perjalanan. Pembersih wajah, pelembab, sun block, bedak BB cushion, palet lipstik mini merupakan beberapa pilihan isi travelpack perawatan tubuh dan kosmetik wanita.

Business traveler perempuan bisa mengandalkan bedak BB cushion dan palet pewarna bibir untuk penampilan berbeda.(Foto:YD)

Business traveler perempuan bisa mengandalkan bedak BB cushion dan palet pewarna bibir untuk penampilan berbeda.(Foto:YD)

Bedak BB cushion dan palet lipstik akan mengurangi peralatan kosmetik yang mesti dibawa. Sehingga tetap bisa memberikan penampilan berbeda untuk beberapa acara meskipun saat dalam perjalanan.

Bagi pria, shaving essential dan pembersih wajah dalam ukuran travelpack akan membantunya tetap tampil segar selama perjalanan.

Aksesoris

Tumbler-botol minum-, kacamata surya, perlengkapan ibadah dalam ukuran travelpack, wireless headphone, kamera adalah beberapa pilihan aksesoris untuk dijadikan hadiah bagi pria dan wanita.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih kacamata surya adalah protektor UV-nya. Model aviator dan lensa lebar merupakan model klasik yang tidak akan pernah ketinggalan zaman.

Kamera GoPro dan mirrorless sekarang lebih mudah dibawa dalam perjalanan. Resolusi fotonya semakin tinggi dengan kamera yang tidak terlalu berat.*** (Yun Damayanti)