LCC AirAsia rupanya sudah mendirikan satu lagi anak perusahaan LCC juga, operator penerbangan berbiaya rendah, di Indonesia bernama Indonesia AirAsia Extra (IAAX). Rencananya akan menjadi LCC pertama di Indonesia yang akan melayani penerbangan jarak jauh atau long haul flight. Kemarin diberitakan sudah memperoleh AOC (Air Operator Certificate) dari Kementerian Perhubungan.
Dengan memegang AOC, kini tinggal menunggu izin beroperasi dan jadwal terbang yang disediakan oleh Otoritas Indonesia, untuk itu IAAX akan mengoperasikan pesawat badan lebar Airbus 330-300. Konfigurasi tempat duduknya 365 kelas ekonomi dan 12 kelas bisnis.
Belum diumumkan rencana rutenya. Namun sebagai perbandingan, Garuda Indonesia mengoperasikan tipe pesawat tersebut untuk rute Indonesia ke Jepang dengan jarak tempuh terbang tujuh jam. Jadi, medium range di dunia penerbangan. Saat ini melayani 39 penerbangan setiap pekan untuk rute tujuan ke Jepang yaitu Jakarta-Osaka (Kansai), Denpasar-Osaka (Kansai), Jakarta-Tokyo (Narita), Denpasar-Tokyo (Narita), Denpasar-Tokyo (Haneda), dan Jakarta-Tokyo (Haneda). Narita adalah bandara yang berlokasi sekitar 70 KM di luar kota Tokyo sedangkan Haneda adalah bandara yang berada di tengah kota megapolitan Tokyo.
Garuda sendiri telah mengumumkan akan menggunakan tipe pesawat lebih kecil yaitu Airbus 330-200 untuk membuka kembali penerbangan rute ke kota Nagoya, lokasinya antara Tokyo dan Osaka. Akan dimulai April 2015 dengan frekuensi 5 x per minggu, tipe pesawat itu dikonfigurasi dengan tempat duduk 36 kelas bisnis dan 186 kelas ekonomi.
Garuda Indonesia adalah operator penerbangan full service, jadi, kebalikannya dari penerbangan LCC.***