Pemilik dan Pengelola Destinasi, ini Perbandingan Bagaimana Melindungi Aset, Faktor Atraksi, Regulasi Mulai 1 Juli ini

Machu Picchu.(Foto:Ist.)

Machu Picchu.(Foto:Ist.)

Pemerintah dan para pengelola destinasi wisata kita baik memperhatikan ini. Ketua  Asosiasi Pariwisata Amerika Latin (LATA) Tony Mason justru yang menjelaskan, (www.telegraph.co.uk), per 1 Juli 2017, untuk mengnjungi Machu Picchu hanya diberikan alokasi 400 wisaatawan per hari, dan tidak ada lagi penjualan tiket di pintu masuk atau di akses pos pemeriksaan.

Machu Picchu adalah salah satu tempat wisata paling penting di Peru, menarik ribuan pengunjung dari berbagai belahan dunia setiap tahun, Kini diberlakukan peraturan dan sistem baru yang diperkenalkan oleh Kementerian Kebudayaan Peru. Yaitu mengatur arus wisatawan yang memasuki situs Machu Picchu, membantu melestarikan keotentikan asset nasionalnya itu,  menekankan pentingnya pariwisata bagi Peru serta upaya yang dilakukan oleh pemerintahnya untuk memperbaiki pengalaman para pengunjung. Dan, pemangku kepentingan pariwisata telah mengantisipasinya.

Marisol Acosta, Direktur Promosi Pariwisata Promperu, menjelaskan, yang lebih penting dari peraturan baru adalah itu akan memastikan perlindungan nasional bagi tempat yang paling penting di Peru, situs Warisan Dunia agar dapat dijaga dengan benar dari waktu ke waktu serta memungkinkan masuknya pengunjung yang besar dengan lebih terkontrol setiap hari.

Telah beberapa tahun terakhir Pemerintah Peru membatasi jumlah pengunjung ke Machu Picchu hanya 2.500 orang per hari. Per 1 Juli 2017 hanya diberikan alokasi 400 pengunjung per hari yang dibagi menjadi dua kelompok sesuai waktu yang telah ditentukan. Dan tidak ada lagi penjualan tiket di pintu masuk atau di akses pos pemeriksaan.

Mengutip dari mobi.peruthisweek.com, inilah jadwal waktu mengunjungi Machu Picchu yang berlaku mulai tanggal 1 Juli 2017.

Masuk ke Machu Picchu akan dibagi ke dalam dua pintu masuk dan waktu keberangkatan:
1. Waktu masuk/keberangkatan pertama dari pukul 05.30 s.d. 12.00

2.Waktu masuk/keberangkatan kedua dari pukul 12.00 siang s.d. 17.30

Pintu dan waktu masuk rute alternatif:
Lewat Gunung Huayna Picchu
1. Keberangkatan pertama dari pukul 07.00 sampai 08.00

2.Keberangkatan kedua dari pukul 10.00 sampai 11.00
Di rute alternatif Gunung Huayna Pichu, hanya 250 orang per waktu keberangkatan yang bisa mendaki gunung. Waktu rata-rata naik dan turun gunung itu sekitar 3 jam s.d. 4 jam bagi yang ingin mengunjungi hingga Great Cavern. Orang harus sudah keluar dari Huayna Picchu pada pukul 13.00.

Lewat Gunung Machu Picchu
1. Keberangkatan pertama dari pukul 07.00 sampai 08.00 pagi

2.Keberangkatan kedua dari pukul 09.00 sampai 10.00 pagi

Di rute Gunung Machu Picchu, hanya 400 orang per waktu keberangkatan yang bisa mendaki gunung ini. Waktu rata-rata naik-turun gunung itu sekitar 4 jam. Pengunjung sudah harus keluar dari Gunung Machu Picchu pukul 15.00.

Promperu, Peru Tourist Board, mengumumkan di situs resminya (peru.travel), tidak ada lagi tiket masuk yang akan dijual di akses pos pemeriksaan untuk mendaki melewati rute manapun. Pengunjung tidak bisa memasuki zona Huayna Picchu, misalnya, tanpa tiket yang benar. Kapasitas maksimal pengunjung adalah 400 per hari, terbagi dalam dua kelompok yaitu 200 orang sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Tiket ke Machu Picchu tersedia untuk dibeli secara online terlebih dahulu (in-advance) melalui machupicchu.gob.pe dan pembayarannya bisa dengan menggunakan kartu Visa, Mastercard, atau dengan kartu Banco de la Nacion Multired. Pengunjung yang sudah berada di Peru dapat membayarnya di kasir-kasir manapun di Banco de la Nacion di seluruh negeri.

Peru Tourist Board memastikan, masuk ke Machu Picchu hanya diizinkan pada tanggal yang tertera pada tiket. Pengunjung tidak akan diizinkan masuk pada waktu lain di luar dari yang tertera pada tiket.

Seorang operator tur di Peru, Andean Travel, menjelaskannya di situs mereka. Sekarang menjadi esensial bagi setiap pengunjung yang hendak mengunjungi Machu Picchu agar memiliki tiket terlebih dahulu. Baik mereka membelinya ketika tiba di Cusco, yang masih tersedia selama musim sepi (low season), tetapi menyarankan untuk memiliki tiket lebih awal untuk kunjungan di bulan Juni, Juli, dan Agustus. Pengunjung dapat membeli tiket secara online langsung ke pemerintah atau kepada agen tiket resmi atau dengan memesan paket wisata.

Operator tur tersebut menambahkan, peraturan baru itu akan membuat lebih banyak orang menyadari betapa pentingnya membeli tiket lebih awal. Dan akan lebih banyak lagi yang akan melakukannya sehingga tiket tersebut kemungkinan besar akan terjual bahkan jauh lebih awal.

Untuk membeli tiket, nama dan nomor paspor pengunjung sangat dibutuhkan. Rincian data pada tiket akan diperiksa di pintu masuk Machu Picchu. Tiket tidak bisa diubah begitu sudah dikeluarkan. Di situs web untuk membeli tiket akan dapat dilihat ada berapa banyak tiket tersisa pada setiap tanggal.

Lokakarya dan pengajaran bagi mereka yang terlibat dalam industri perjalanan telah dilakukan oleh Pemerintah Peru. Ini adalah untuk menerapkan perubahan dengan benar dan secara bertahap tanpa menyebabkan terlalu banyak ketidaknyamanan bagi pengunjung. Perwakilan pemerintah juga telah mengkomunikasikan perubahan tersebut akan memerlukan waktu 4 sampai 6 bulan untuk melaksanakan peraturan baru sepenuhnya.*** (Yun Damayanti, dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published.