Li Jinzao

Li Jinzao

Jakarta, ( ITN – IndonesiaTouristNews ) : Ada organisasi baru lagi di dunia pariwisata di mana China kian menampilkan diri sebagai berpengaruh besar. Telah diluncurkan World Tourism Alliance (WTA) pada 13 September 2017 ketika sidang Majelis Umum UNWTO di Chengdu, Cina. WTA itu diluncurkan di bawah kepemimpinan CNTA, Li Jinzao, Ketua Administrasi Pariwisata Nasional China. Aliansi Pariwisata Dunia tersebut jadinya sebuah inisiatif baru dengan organisasi dengan kepemimpinan pendirinya nama-nama terkenal sebagai anggota pendiri. Mereka termasuk nama seperti Taleb Rifai, Roger Dow, CEO Asosiasi Perjalanan AS, WTTC dan banyak lagi.

WTA terdiri dari 89 anggota pendiri, 29 di China dan 60 dari luar negeri, termasuk 62 perusahaan, 24 asosiasi, dua (2) institusi akademis dan satu agen media. Asosiasi dan Sekretariatnya saat ini berkantor pusat di ibukota China, Beijing.

Sementara itu diumumkan pada 25 Januari 2018,  Sekretaris Jenderal UNWTO Zurab Pololikashvili menunjuk Shanzhong Zhu sebagai Direktur Eksekutif UNWTO.

Posisi-posisi tersebut di atas menempatkan China dengan jelas berada di puncak kepemimpinan Pariwisata Dunia, tentu saja akan berpengaruh pada sebagian besar aspek politik pariwisata dunia. China memang terbesar dalam industri pariwisata outbound maka dipegangnya posisi-posisi tersebut dipandang tidak mengherankan.***(dari berbagai sumber)