Berita tentang paket golf ini sebenarnya merupakan salah satu cara bagaimana pihak pengelola destinasi sebaiknya membina dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai unsur industri pariwisata, bukan hanya sekedar menyelenggarakan promosi yang bersifat membangun citra semata, tetapi bisa langsung mendatangkan sejumlah tertentu wisatawan. Jadi ini memang sebagai contoh atau “model”. Operator hotel internasional, Accor menandatangani kerja sama dengan Garuda Indonesia cabang Malaysia untuk penyelenggaraan event bertajuk  Garuda Indonesia Golf Challenge (GIGC) 2014-2015. Lewat kerja sama itu, para pegolf akan tinggal di hotel yang dikelola Accor untuk ikut serta pada pertandingan golf tersebut.

GIGC tahun 2014 ini dilaksanakan dalam lima babak kualifikasi dan satu final. Waktu direncanakan, diperkirakan akan berkisar 600 pegolf yang berpartisipasi. Artinya, sejumlah itu kebutuhan tiket penerbangan pulang-pergi Malaysia-Indonesia dan jika diasumsikan lama menginapnya tiga malam, maka ada kontribusi 1.800 room nights yang terjual dari hote-hotel Accor di Indonesia.

GIGC tahun ini diselenggarakan mulai 21 Mei. Turnamen digelar selama empat hari di tiga lapangan berbeda. Seri kualifikasi terakhir yang dilangsungkan pada 19 – 22 November 2014 misalnya, digelar di padang golf Imperial, Emeralda, dan berakhir di Bumi Serpong Damai.

Turnamen itu jelas lebih bersifat pariwisata daripada kompetisi. Pesertanya adalah pegolf amatir, paling banyak dari Malaysia, yang memang ingin menikmati permainan sambil jalan-jalan.***