FamTrip (Familiarization Trip) ke Indonesia dari Tiongkok, setiap tahun dilaksanakan oleh Kemenpar membawa orang-orang dari operator tur dan media. Itu mestinya salah satu kegiatan penting dalam rangka meningkatkan penjualan produk wisata yang "salesable" untuk pasar yang disasar.(Foto: Kemenpar)

FamTrip (Familiarization Trip) ke Indonesia dari Tiongkok, setiap tahun dilaksanakan oleh Kemenpar membawa orang-orang dari operator tur dan media. Itu mestinya salah satu kegiatan penting dalam rangka meningkatkan penjualan produk wisata yang “salesable” untuk pasar yang disasar.(Foto: Kemenpar)

Pergeseran kilat-cepat ke ponsel sedang mengubah bisnis perjalanan di Cina. Pasar perjalanan terbesar kedua di dunia, Cina sekarang memegang tingkat penetrasi seluler wisata tertinggi di dunia. Dan pada tahun 2016, pemesanan mobile akan melompati jumlah pemesanan melalui komputer desktop. Itu membuat Cina top dalam pasar perjalanan online melalui mobile di dunia.

Penyedia perjalanan memperoleh bisnis lebih dari US $ 10 miliar dalam pemesanan melalui ponsel pada tahun 2014, lebih dari sepertiga dari pemesanan perjalanan online di negara itu, demikian menurut publikasi Phocuswright China online. Segala sesuatu yang terjadi di industri perjalanan di negara itu – sekarang didorong oleh inovasi dan eksekusi melalui saluran selular.

Kompetisi merebut perhatian konsumen sungguh sengit antara penyedia layanan online, antara yang baru memulai dan perusahaan internet besar. Ctrip dan Qunar adalah dua pemimpin online, dan menyikut salah satu pesaing terbesar mereka pada awal 2015 ketika Ctrip mengambil alih saham terbesar dalam properti Expedia. Bersamaan itu raksasa online e-commerce Alibaba dan JD.com semakin mendorong akuisisi strategis dan rebrands bisnis perjalanan.  Aktivitas para pemula merupakan satu kompetisi tersendiri. Tapi para Startups di bisnis perjalanan Cina secara online menerima “rugi” $ 1,7 milyar di tahun 2014 – dua setengah kali lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Penetrasi mobile dan online tengah maju terus di semua segmen wisata di Cina. Penerbangan dan Penginapan – adalah segmen yang paling menerobos, terus bergerak secara online, dengan pertumbuhan 40% untuk pemesanan penerbangan secara online dan pertumbuhan 55% untuk penginapan secara online pada tahun 2014. Transformasi terbesar adalah yang terjadi dalam kereta api, yang mewakili 6% dari total pemesanan perjalanan online di tahun 2014, dan akan melompat ke hampir seperempat pada 2017.

Itulah menurut Phocuswright yang menerbitkan buku hasil penelitiannya edisi ke delapan, Ikhtisar China online–, memberikan pandangan yang komprehensif dari pasar kompetitif perjalanan online China, faktor yang mempengaruhi siapa yang menang dan kalah, dan cara terbaik untuk maju ke depan di tengah pasar yang terus berkembang.***