Esthy  Reko Astuty, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar. (Foto:AH)

Esthy Reko Astuty, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar. (Foto:AH)

 Tertarik? Kirimlah tulisan karya asli, berbahasa Indonesia yang baik dan benar, mulai dari tanggal 4 Mei 2016 dan ditutup tanggal 1 Agustus 2016. Sertakan bukti pemuatan dan fotokopi indentitas penulis (i.d pers), ke alamat email : lombamenulisbahari@gmail.comatau ke alamat panitia lomba: Forum Wartawan Pariwisata, Gedung Sapta Pesona Lantai 2, Jalan Medan Merdeka Barat No. 17 Jakarta Pusat 10110. Setiap penulis dapat mengirimkan lebih dari satu naskah tulisan dan hasil lomba akan diumumkan melalui : www.indonesia.travel pada 20 Agustus 2016.

Lomba ini diperuntukkan khusus bagi kalangan wartawan se-Indonesia untuk media: cetak koran, cetak majalah, dan online. Syarat tulisannya merupakan hasil publikasi di media masing-masing pada rentang waktu tayang dari 1 Januari 2016 s/d 1 Agustus 2016. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelengarakannya bekerjasama dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) memperebutkan  Piala Menteri Pariwisata “Anugerah Pesona Bahari” dengan total hadiah sebesar Rp 500 juta.

Ini lomba untuk kedua kalinya. Tahun lalu total hadiah Rp. 100 juta dengan 280 naskah masuk diterima panitia dari berbagai media di tanah air. Di saat acara penyerahan hadiah pemenang, Menteri Pariwisata Arief Yahya waktu itu langsung mengumumkan bahwa pada tahun 2016 total hadiahnya ditingkatkan jadi Rp 500 juta. Tahun ini dengan hadiah total 5 kali lipat lebih diperkirakan naskah masuk ke panitia bisa mencapai 600 lebih.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan,  “Promosi melalui tulisan ini sangat efektif  untuk mengenalkan potensi wisata bahari Indonesia yang sedemikian besar.  Melalui  lomba ini daerah tujuan wisata bahari yang tersebar di seluruh pelosok Tanah Air akan lebih dikenal masyarakat,” kata Esthy dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu (4/5).

Peran dan fungsi wartawan yang berkesinambungan dalam mempromosikan wisata bahari, akan mendongkrak kunjungan wisman marine tourism hingga 4 kali lipat dari capaian tahun lalu yang mencapai 1 juta wisman per tahun. Untuk itu kegiatan ini menjadi ajang apresiasi kepada para wartawan atas tulisannya dalam mempromosikan wisata bahari (marine tourism) .

Lomba ini melibatkan Dewan Juri dari berbagai kalangan, antara lain Didien Junaedy (Ketua Gahawisri/Ketua GIPI); Raymond T. Lesmana (Praktisi Bahari); Prof. Krishna Nur Pribadi (Dosen ITB); Arifin Hutabarat (Media); dan Esthy Reko Astuty (Pemerintah/Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kemenpar).

Berikut kategori pemenang dan hadiah “Anugerah Pesona Bahari 2016”:
– Kategori Juara Terbaik (Best of the Best) : Rp 100 juta
– Media Online (Juara I, II, III, harapan I, II) : Rp 40 juta, Rp 30 juta, Rp 20 juta, Rp 10 juta, Rp 5 juta
– Media Cetak Surat Kabar (Juara I, II, III, harapan I, II) : Rp 40 jt, Rp 30 jt, Rp 20 jt, Rp 10 jt, Rp 5 jt
– Media Cetak Majalah (Juara I, II, III, harapan I, II) : Rp 40 juta, Rp 30 juta, Rp 20 juta, Rp 10 juta, Rp 5 juta. ***(Ekasanti)