Komodo, Banda Neira, Selat Lembeh Destinasi Barunya, Paket-Paket Wisata Bahari 2017 Pelni Dioperasikan Lebih Lama

Banda Neira.(Foto:indonesia.travel)

Banda Neira.(Foto:indonesia.travel)

Jakarta (ITN-IndonesiaTouristNews):PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) kembali menyelenggarakan Paket Wisata Bahari 2017. Kali ini menawarkan wisata bahari di Raja Ampat, Papua Barat; Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur; Karimun Jawa, Jawa Tengah; dan Banda Neira, Maluku. Paket-paket itu akan dioperasikan selama periode mulai September hingga akhir tahun 2017. Jadi, memberi banyak pilihan waktu perjalanan kepada wisatawan.

Yang ke Banda Neira, Maluku menjadi paket pembuka dan penutup. Paket pertama pada 8-11 September 2017 dan paket penutup pada 29 Desember 2017-1 Januari 2018.

Durasi Paketnya selama 3 hari 2 malam untuk ke Raja Ampat, Komodo, dan Karimun Jawa. Sedangkan paket wisata ke Banda Neira, Ambon selama 4 hari 3 malam. Mnyusul akan dirilis jadwal paket wisata ke Selat Lembeh, Sulawesi Utara yang menurut rencana berdurasi 2 hari 1 malam.

Ini jadwal Paket Wisata Bahari 2017 Pelni.(Sumber: Pelni)

Ini jadwal Paket Wisata Bahari 2017 Pelni.(Sumber: Pelni)

Harga paket termurah mulai dari Rp 1,4 juta per orang untuk ke Karimun Jawa selama 3 hari 2 malam. Hingga Rp 3,9 juta per orang untuk ke Raja Ampat selama 3 hari 2 malam. Harga paket wisata ke Komodo antara Rp 3,1 juta-Rp 3,3 juta per orang dan harga paket wisata ke Banda Neira antara Rp 2,2 juta-Rp 2,5 juta per orang.

Harga paket tersebut mencakup transportasi kapal, biaya akomodasi yakni penginapan terapung di atas kapal dan makan tiga kali per hari selama menjalani paket wisata, biaya transfer dengan perahu cepat dan pemandu di destinasi, dan transfer ke dan dari pelabuhan.

Harga tidak termasuk tiket pesawat atau kereta api menuju dan dari kota pelabuhan. Pelabuhan adalah meeting point dalam Paket Wisata Bahari Pelni. Dan bagi peserta tur yang hendak menyelam akan dikenakan biaya tambahan untuk sewa peralatan selam.

Rupanya Paket Wisata Bahari Pelni mulai dikenal masyarakat. Sudah banyak yang menunggu Pelni merilis tanggal perjalanan dan destinasi wisata bahari sejak awal tahun 2017.

Dikutip dari siaran pers, Corporate Secretary PT Pelni Didik Dwi Prasetio mengatakan, “Untuk tahun 2017 ini, Pelni menawarkan paket wisata dengan harga jauh lebih terjangkau. Waktu pelaksanaan tetap mengikuti jadwal sandar kapal di pelabuhan terdekat dengan destinasi wisata tujuan. Fasilitas di atas kapal seperti layaknya penginapan di darat. Paket-paket wisata bahari yang kami tawarkan sudah termasuk penginapan terapung, makan tiga kali, speed boat serta peralatan snorkeling. Ini paket hemat dengan pengalaman luar biasa,” kata dia.

Pertama kali diadakan Paket Wisata Bahari ini di tahun 2014. Waktu itu ke destinasi Raja Ampat dan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Tahun ini destinasi Raja Ampat dan Karimun Jawa tetap dipertahankan, dan diperkenalkan destinasi baru yakni Taman Nasional Komodo, NTT dan Banda Neira, Maluku. Serta Selat Lembeh, Sulawesi Utara yang akan dirilis jadwalnya.

Sujudi, Manager Humas Pelni, mengatakan, sementara ini belum ada perubahan jadwal. Konsep yang diusung Paket Wisata Bahari 2017 Pelni pun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Masa musim puncak liburan telah lewat. Sekarang adalah waktu menikmati liburan dengan harga lebih terjangkau dan suasana yang relatif tidak terlampau ramai. Dan paket-paket wisata bahari yang ditawarkan selama 4 bulan terakhir tahun 2017 oleh Pelni merupakan penawaran yang perlu dipertimbangkan.*** (Yun Damayanti, dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published.