Stasiun Bandung.(Foto:YD)

Stasiun KA Bandung.(Foto:YD)

Paket tur keretapi mulai jadi kenyataan mengembangkan bisnis . PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka kerja sama seluas-luasnya dengan para operator tur dan agen perjalanan untuk menggunakan moda transportasi kereta api dalam menjalankan tur bagi kliennya. Sembilan kereta api di tujuh rute ke sembilan kota di Jawa dipasarkan bersama oleh PT KAI dengan operator tur. Kerja sama ini terutama berlaku bagi agen-agen yang menjual tiket kereta api.

Melalui sinergi ini PT KAI memfasilitasi angkutan bagi operator tur yang mempunyai dan menjual paket tur pada rute-rute yang dipasarkan bersama. Operator tur bisa melakukan pemesanan untuk grup di kereta-kereta yang melayani tujuan-tujuan pada rute-rute tersebut. Yang ditawarkan ini adalah kereta reguler dan bukan kereta wisata.

Untuk area Jakarta dan sekitarnya Bee Holiday Tours & Travel sebagai koordinator. Operator tur maupun agen perjalanan yang mempunyai paket tur ke rute-rute tersebut dan hendak memberikan pengalaman lain kepada kliennya dengan naik kereta api bisa berkoordinasi. Bagi yang tertarik untuk menjual paket tur dengan kereta api juga bisa bekerja sama. Yang dikoordinasikan adalah transportasi kereta api dan program-program tur.

Interior kereta kelas eksekutif sekarang.(Foto:kai.id)

Interior kereta kelas eksekutif sekarang.(Foto:kai.id)

Berikut ini adalah sembilan kereta api, tujuh rute, dan sembilan kota yang dipasarkan bersama:

  • KA Argo Parahyangan, rute Jakarta (Gambir)-Bandung PP
  • KA Cirebon Express, KA Tegal Bahari, dan KA Menoreh, rute Jakarta-Cirebon-Tegal
  • KA Malioboro Express, rute Malang-Yogyakarta
  • KA Ciremai, rute Bandung-Cirebon
  • KA Sawunggalih, rute Jakarta-Purwokerto
  • KA Kamandaka, rute Semarang-Purwokerto
  • KA Ambarawa Express, rute Semarang-Surabaya

”Ini alternatif, tur dengan memakai moda kereta api. Kelebihan moda transportasi darat ini tepat waktu, aman, dan kereta sekarang sudah bagus banget,” ujar Momod Bahriyansyah, Director & Owner Bee Holiday Tours & Travel.

Dengan manajemen penumpang kereta api yang terus diperbaiki dan ditingkatkan oleh PT KAI, perjalanan dengan kereta api semakin nyaman. Perjalanan hop on hop off juga bisa dilakukan tanpa perlu khawatir tidak mendapatkan tempat duduk sesuai dengan pembelian. Berwisata dengan kereta bisa dilakukan sendiri, namun akan lebih asyik apabila dilakukan beramai-ramai.*** (Yun Damayanti)