Kapal-kapal yang akan berlayar selama bulan Juni-Agustus 2015 di antaranya Pacific Jewel (P & O Australia), Legend of The Seas (RCCI), Dawn Princess (Princess Cruise) dan Carnival Spirit (Carnival Cruise). Kapal-kapal tersebut merupakan kapal pesiar besar dan rata-rata mereka akan menuju Benoa-Bali, Komodo dan Lombok.

Dalam cruisetimetable.com ada sekitar 27 kapal pesiar yang akan berlayar di paruh akhir musim pelayaran 2014/2015. Lebih dari 50% kapal pesiar itu akan berlayar bolak-balik sepanjang Januari hingga April/Mei. Dari 27 kapal tersebut, sembilan diantaranya adalah mega cruise ship berkapasitas lebih dari 2000 pax.

Sebagian besar kapal pesiar, terutama mega cruise, akan menuju pelabuhan di Benoa, Bali. Ini terkait infrastruktur serta kesiapan operator tur dan SDM di Pulau Dewata yang paling siap untuk melayani pelancong dan wisatawan dalam jumlah besar dan waktu bersamaan. Namun mulai tahun 2015 tampaknya kapal-kapal besar pun mulai melirik destinasi lain di luar Bali seperti Queen Mary 2 (Cunnard) yang berkapasitas 2.800 pax dan Arcadia (P & O Australia) berkapasitas 2.388 pax ke Bitung, Sulawesi Utara. Pelabuhan Soekarno Hatta di Makassar pun akan disinggahi beberapa kapal besar tahun depan.

Pelabuhan Benoa, Bali akan lebih sering menjadi tempat turn around port kapal-kapal pesiar yang berlayar di Nusantara. Jumlah kapal yang menginap di pelabuhan ini juga akan bertambah. Dan bukan hanya di Bali, ada juga kapal yang akan menginap di Tanjung Emas, Semarang.

Apabila daerah Anda mempunyai wilayah pesisir nan elok dengan pelabuhan alam yang cukup dalam, bersiaplah dari sekarang. Persiapkan infrastruktur dan sarananya, di sekitar pelabuhan maupun di kota. Kemudian rancanglah rencana perjalanan singkat (ekskursi) yang sangat menggambarkan daerah Anda, dan perlakukan mereka dengan memberi pelayanan yang di atas rata-rata sehingga pelancong dari kapal-kapal pesiar itu tidak akan mudah melupakannya. *** (Yun Damayanti)