Ingat kan? Pulau kecil bernama Koh Thachai ditutup oleh pemerintah Thailand lantaran dinyatakan sudah over crowded oleh kunjungan wisatawan yang merusak ekosistemnya.

Ingat kan? Ini Pulau kecil bernama Koh Thachai di Thailand, belum lama ini ditutup oleh pemerintahnya lantaran dinyatakan sudah over crowded oleh kunjungan wisatawan yang merusak ekosistemnya. (Foto:Ist)

Melongok pesaing Indonesia, Thailand. Wisatawan dari Indonesia ke negeri gajah putih itu meningkat terus selama semester pertama tahun ini, di mana peningkatannya 16% bulan Mei dan 10% bulan Juni yang lalu. Orang Indonesia di Thailand suka berbelanja pakaian dan menikmati kuliner Thai. Satu laporan baru-baru ini menyebutkan, itu berkat peran penerbangan baru LCC Air Asia dan Thai Lion Air, dan diklaim juga sebagai hasil promosi ketersediaan Muslim-friendly services and facilities di Thailand.

TAT (Tourist Authority of Thailand) melihat bertumbuhnya jumlah pengunjung pertama kali (first-timer) dari Indonesia terutama  ke destinasi Bangkok dan pantai Pattaya.

Kantor pemasaran TAT di Jakarta, dilaporkan meningkatkan promosi paket-paket wisata bagi turis Muslim, bersamaan paket-paket wisata keluarga dan anak-anak. Antara lain kunjungan ke Dinosaur Planet, Dream World, Cartoon Network, Pipo Pony, Madame Tussauds, dan Sea Life. Destinasi di sekeliling Bangkok disukai, disebutkan nama tempatnya Hua Hin dan Nakhon Pathom.

TAT memang memastikan sasaran spesifik dalam promosi penjualan produk wisatanya, seperti juga dilakukannya di Australia, yakni menarget “ibu-ibu dan teman-teman”, serta young traveler.

Mobil applications juga sudah dilancarkannya untuk membantu informasi bagi muslim travelers. Ketika dibuka, informasinya memang tentang full halal food dan lokasi masjid di seluruh Thailand yang punya cerita-cerita khas tentang masjid itu, yang dinilai “interesting”.

Berapa banyak wisman Thailand ke Indonesia? Tahun 2015 BPS mencatat 89.577 orang, jumlah mereka ternyata juga cenderung meningkat berkunjung ke destinasi Indonesia.***