Ilustrasi: Vietjet LCCnya Vietnam sibuk terbang membuka rute mencari wisman. (foto:Ist)

Ilustrasi: Vietjet LCCnya Vietnam sibuk terbang membuka rute mencari wisman. (foto:Ist)

Jakarta, (ITN –IndonesiaTouristNews):Rasa “iri” bisa timbul di hati kita mendengar kabar ini: pendapatan industri pariwisata Vietnam pada 2018 menghasilkan VND620 triliun atau US $ 26,75 miliar, naik VND110 miliar (US $ 4,75 miliar) dibandingkan dengan tahun 2017, itu dari kedatangan wisatawan internasional ke Vietnam 15,5 juta orang pada 2018, naik 2,7 juta dibandingkan dengan tahun 2017, sementara wisatawan domestik tumbuh 6,8 juta dibandingkan dengan 2017, menjadi sekitar 80 juta pada 2018.

Di Indonesia sengaja tak sengaja baru saja terungkapkan target nilai devisa 21 miliar dolar AS untuk tahun 2020 ini. Itu dikutip dari Menteri Parekraf Wishnutama Kusubandio dalam satu siaran pers kemarin, Pada Jumat (31/1/2020) Presiden Jokowi mengunjungi on the spot bandara baru di Kulon Progo, Yogyakarta, ketika itulah Menparekraf dikutip, kendati tak menyebutkan berapa jumlah wisman diperhitungkan yang akan  menghasilkan nilai devisa tersebut.

Ada yang menyebut sekitar 17,3 juta jumlah wisman diharapkan akan bisa didatangkan ke Indonesia tahun 2020 ini. Baik Presiden Jokowi maupun Menparekraf Wishnutama menekankan perlunya penambahan jumlah seat capacity dalam meningkatkan jumlah wisatawan dan meraih target devisa.

Diharapkan minggu ini secara resmi akan bisa diumumkan oleh pemerintah mengenai target-target pariwisata tersebut, di mana diharapkan juga akan diumumkan berlakunya organisasi baru dan dilantiknya pejabat-pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Lihatlah pertumbuhan jumlah wisman ke Vietnam sepuluh tahun terakhir seperti ini :

SUMBER: kEMENTERIAN PARIWISATA vIETNAM

Sumber : Kementerian Pariwisata  Vietnam.

Dari mana saja wisman yang didatangkan itu ?

Wisman ke Vietnam:

Sumber: Kementerian Pariwisata Vietnam

Sumber: Kementerian Pariwisata Vietnam

Bagaimana berperannya para pelaku industri pariwisata di Vietnam, secara ringkas terungkap dengan laporan seperti ini : Operator tur lokal dan internasional di Vietnam menawarkan tur mengunjungi kelompok etnis minoritas, tur jalan kaki dan sepeda, tur fotografi, perjalanan kayak, dan perjalanan sekaligus ke multi-negara khususnya dengan negara tetangga Vietnam yaitu Kamboja, Laos dan Thailand.

Airlines mereka memang sibuk

Jangan pula “iri” atau ”heran” bagaimana sibuknya mereka menambah rute penerbangan langsung luar negeri ke destinasi-destinasi di dalam negeri, dan, nyata membawa wisman. Maka pada 2018, wisman yang datang melalui akses udara alias penerbangan meningkat sebesar 14,4 persen, sementara kedatangan melalui jalan darat meningkat hampir 60 persen, dan di laut berkurang sebesar 16,8 persen.

Mengoperasikan 27 rute domestik dan internasional, LCC Vietnam yakni VietJet telah bekerja sama dengan perusahaan penerbangan terkemuka dunia, seperti Airbus, Cyber Source (USA) dan SIAEC – Singapore Airlines (Singapura), untuk merakit armada pesawat paling modern di kawasan ini. Maskapai ini berencana untuk terus menambahkan rute baru dan menawarkan layanan berkualitas lebih tinggi. Layanan Vietjet ke dan dari Taiwan dan Hong Kong dioperasikan secara normal

Penerbangan langsung pertama Vietnam menghubungkan Hanoi dan Bali (Indonesia). Vietjet terus memperluas jaringan ke Asia Timur Laut dengan meluncurkan rute Da Lat – Seoul. Mengubah nomor penerbangan penerbangan vietjet antara Bangkok (Thailand) dan Ho Chi Minh City. Vietjet mengumumkan lima rute baru yang menghubungkan Hanoi, Da Nang, Kota Ho Chi Minh dengan beberapa tujuan di Jepang.

Selanjutnya maskapai itu memperluas jaringan internasionalnya dengan meluncurkan dua rute baru yang menghubungkan Can Tho dengan Seoul dan Taipei. Vietjet menyambut pesawat ACF 240-kursi A-321neo untuk memenuhi permintaan tinggi selama liburan, lalu, memulai rute Kota Ho Chi Minh – Pattaya untuk merayakan Liburan Natal & Tahun Baru, meluncurkan serangkaian rute yang menghubungkan Da Nang dengan Taipei, Singapura, Hong Kong.

Vietjet dan Khanh Hoa menyambut penumpang ke 10 juta di tahun 2019.***

 

[tell-a-friend id=”1″ title=”Tell a friend”]