Gejala Baru Juga? Dua LCC Disatukan, Tigerair akan Beroperasi dengan Merek Scoot Mulai 25 Juli 2017

Ini pun boleh jadi mengarah gejala bisnis baru lagi. Dua LCC disatukan. Efektif mulai tanggal 25 Juli 2017, Tigerair akan beroperasi dengan merek Scoot. Namun kode penanda penerbangannya tetap dipertahankan, TR.

Tigerair sudah beberapa waktu beroperasi ke Indonesia, sementara Scoot belum lama ini menyatakan janji  akan membuka penerbangan ke destinasi Indonesia.

Sejak Mei 2016, Scoot dan Tigerair telah bekerja bersama-sama untuk mengintegrasikan sistem reservasi, jadwal penerbangan dan koneksi, kondisi carriage, check-in counter dan call center. Integrasi tersebut telah selesai sekarang. Sentuhan akhir dari integrasi adalah dengan menggabungkan dua maskapai penerbangan, Tigerair dan Scoot, untuk beroperasi dengan merek tunggal. Penggabungan ini merupakan bagian dari strategi pertumbuhan jangka panjang perusahaan agar dapat memberikan pengalaman perjalanan yang lebih mulus bagi semua pelanggannya.

Menurut pengumuman yang dirilis dalam buletin elektronik Tigerair, bagi yang sudah memesan tiket Tigerair, walaupun merek Tigerair akan segera digantikan dengan merek Scoot, jadwal penerbangan (flight schedule) tidak akan berubah.

Bagi penumpang yang akan melanjutkan penerbangan dengan Scoot akan menerima pemberitahunan melalui surat elektronik dalam beberapa minggu ke depan, baik secara langsung ataupun melalui agen perjalanan dimana penumpang memesannya. Surat pemberitahuan itu akan menginformasikan itinerary terbaru dengan Scoot dan kode penerbangan TR. Apabila penumpang belum menerima surat pemberitahuan sampai dengan tanggal 23 Juli 2017 bisa langsung menghubungi Call Center Tigerair.

Bagi penumpang Tigerair yang akan terbang pada tanggal 25 Juli 2017 ataupun setelahnya, bisa langsung mendatangi check-in counter Scoot di bandara. Atau, langsung ke FlyScoot.com untuk web check-in.

Scoot akan mengoperasikan armada B-787 Dreamliner (armada existing Scoot) dan Airbus 320 (armada Tigerair yang akan dicat kembali dengan merek Scoot). Beberapa tujuan di dalam jejaring rute pelayanan Scoot akan dilayani dengan kedua armada tersebut. Maka kepada calon penumpang diminta untuk memilih penerbangan yang benar saat memesan tiket. Informasi mengenai armada mana yang akan melayani dapat dilihat pada bagian “Operated by”.

Jika diperlukan untuk mengamandemen pemesanan tiket yang sudah dilakukan, bisa mengaksesnya melalui “Manage My Booking” di situs resmi FlyScoot.com yang kini telah bisa melayani baik penerbangan Tigerair maupun Scoot. Karena situs resmi Tigerair.com akan segera tidak bisa diakses lagi mulai dari tanggal 25 Juli 2017. Semua pelanggan akan dialihkan ke FlyScoot.com. Pusat layanan (call center) akan membantu jika pelanggan/penumpang masih menemui kesulitan.

Meskipun akan segera terjadi perubahan dengan merger ini, Tigerair meyakinkan bahwa syarat dan ketentuan pemesanan tiket serta aturan harga tiket yang berlaku akan tetap sama.****

Leave a Reply

Your email address will not be published.