Garuda Terbang Langsung Jakarta-London pp… I Gde Pitana: 384 Ribu Wisatawan Inggeris Target 2017

(kiri-kanan) Pahala Mansury,  Moazzam Malik dan I Gde Pitana tampak bersama menggunting pita menandai peresmian penerbangan Garuda Jakarta-London.

(kiri-kanan) Pahala Mansury, Moazzam Malik dan I Gde Pitana tampak bersama menggunting pita menandai peresmian penerbangan Garuda Jakarta-London.

Garuda Indonesia pada hari ini (31/10) mulai melayani penerbangan nonstop Jakarta – London pp. Peresmian penerbangan tersebut ditandai dengan pelepasan penerbangan GA 086 Jakarta – London yang turut disaksikan oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury mengatakan bahwa ini adalah penerbangan nonstop tercepat antara Jakarta dan London dengan durasi penerbangan di bawah 15 jam. Operasional penerbangan ini akan semakin memudahkan akses bagi penumpang dari wilayah UK menuju kawasan Asia Pasifik, terutama di destinasi-destinasi yang menjadi bagian dari Rute Kanguru, seperti Melbourne, Sydney dan Perth. Hal ini mengingat rute penerbangan Jakarta-London pp terhubung dengan jadwal penerbangan Garuda Indonesia menuju Australia.

Pada kesempatan tersebut Duta Besar Inggris Untuk Indonesia Moazzam Malik mengungkapkan, “Dibukanya layanan penerbangan nonstop kami yakin akan membawa impact yang signifikan untuk trend traveling antar kedua negara. Kami tentunya akan terus mendorong masyarakat Inggris untuk datang dan mengunjungi Indonesia. Dengan potensi dan kekayaan budaya dan akses konektivitas yang lebih cepat dan nyaman akan sangat terbuka kemungkinan berbagai kerjasama antar kedua negara yang dapat terjalin”, katanya.

 

Wisatawan Inggeris ke Indonesia

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata RI, I Gde Pitana mengungkapkan “Dengan adanya penerbangan langsung Garuda Indonesia dari London– Jakarta, menjadi langkah signifikan mendukung upaya pemerintah dalam memaksimalkan kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia”, kata Pitana.

Pada tahun 2016 tercatat sebanyak 328 ribu kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia, naik 17 persen dibandingkan tahun 2015. Sedangkan pada 2017, Kementerian Pariwisata RI menargetkan kunjungan wisatawan Inggris ke Indonesia dapat menyentuh angka 384 ribu wisata”.

“Kami sangat menyambut baik dibukanya layanan penerbangan nonstop  London – Jakarta tersebut. Kami cukup yakin prosentase pertumbuhan kunjungan wisatawan Inggris akan meningkat secara signifikan – bukan tidak mungkin angka kunjungan dapat melebihi target awal yang kami tentukan,” demikian Pitana.

Garuda Indonesia akan melayani penerbangan nonstop dari dan menuju London Heathrow sebanyak tiga kali per minggu setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu dengan dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300 ER berkapasitas sebanyak 314 penumpang, terdiri dari 8 kursi First Class, 38 kursi  Business Class, dan 268 kursi Economy Class.

Penerbangan nonstop Jakarta – London berangkat dari Jakarta Pukul 12.05 waktu setempat melalui penerbangan GA 086 dan tiba di London Pukul 03.00 waktu setempat. Sementara itu penerbangan London – Jakartan berangkan dari Bandara Heathrow, London Pukul  04.55 waktu setempat dan tiba di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta pukul18.55 waktu setempat.

Armada tersebut dilengkapi dengan layanan “Inflight Connectivity” dan “Live TV” bagi seluruh penumpang serta layanan “Chef on Board” untuk penumpang “First Class”. Layanan ini dihadirkan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada penumpang ketika melakukan penerbangan jarak jauh.

Melalui fasilitas “Inflight Connectivity”, penumpang dimungkinkan untuk terhubung dengan koneksi internet sehingga dapat melanjutkan aktivitas bisnisnya selama penerbangan. Sementara dengan adanya fasilitas “Live TV” atau siaran televisi langsung yang terdiri dari enam channel internasional, yaitu CNN International, BBC World, BBC Arabic, NHK World Premium, Euronews, dan CNBC, penumpang dimungkinkan untuk dapat mengakses program siaran televisi langsung, seperti pertandingan sepakbola di channel olahraga yang tersedia.

Sebelumnya, Garuda Indonesia melayani penerbangan dari Soekarno-Hatta Jakarta menuju London  Heathrow melalui perhentian (transit) di Singapura. Sementara untuk rute sebaliknya dari London Heathrow menuju Soekarno-Hatta Jakarta dilayani maskapai tersebut secara nonstop.

Demikian siaran pers dari Garuda Indonesia hari ini.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.