(Gambar ilustrasi): Esthy Reko Astuty biasa memberikan keterangan tambahan pada pers usai berlangsungnya suatu jumpa pers.(Foto:ITN)

(Gambar ilustrasi): Esthy Reko Astuty (tengah) biasa memberikan keterangan tambahan pada pers usai berlangsungnya suatu jumpa pers.(Foto:ITN)

Jakarta, ( ITN – IndonesiaTouristNews ): Ini acara unik menarik, akan produktif bagi mereka yang mengikuti. Yaitu Festival Indonesia Festival (Festinfest) di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta, pada Selasa-Rabu, 30-31 Januari 2018. Berbagai pemangku kepentingan festival akan hadir di Festinfest ini. Ada empat kegiatan utamanya selama dua hari itu; Pembukaan; Eksposisi dan Table Top, 100 Wonder Festival; Pertemuan Bisnis; dan BLUEMOON Festival.

Ini menjadi forum pertemuan para penyelenggara festival di Indonesia, dalam rangka membangun kerjasama, bertukar pengalaman, menyusun komunikasi, mengembangkan audiens dan dukungan pendanaan.

Pada hari pertama, acara Pembukaan Festinfest dan Peluncuran Publik CoE 2018 oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Ketua VIWI 2018 Hariyadi Sukamdani dan Ketua Pelaksana CoE 2018 Esthy Reko Astuti. Acara pembukaan akan dimeriahkan dengan konser musik, dan di Lobi Nusa Indah Gedung Sapta Pesona, akan berlangsung Pameran dan Eksposisi 100 Wonder Festival. Pameran berlangsung pukul  09.00 – 21.00 WIB. Acara berlanjut dengan diskusi CoE dan VIWI 2018 : Orientasi dan Kebijakan, sebagai pembicara Hariyadi Sukamdani (Ketua VIWI 2018) dan Esthy Reko Astuti (Ketua Pelaksana CoE 2018).

Sesi selanjutnya dengan topik Platform dan Kerjasama Pamasaran Digital Travex  (pembicara Samsriyono); Program dan Jaringan Genpi  (pembicara Noer Sardono); dan Jaringan Kerja Festival  dengan pembicara Taufik Rahzen. Acara hari pertama akan diakhiri dengan Table Top dan Tayangan Ragam Event.

Pada hari kedua, Pameran dan Eksposisi 100 Wonder Even pada pagi hari hingga malam (pukul 09.00 – 21.00 WIB). Acara ini dimulai dengan Pertemuan Penyelenggara Festival/Event dengan Pemangku Kepentingan, topiknya mengenai : Persoalan, Pengalaman dan Kerjasama, pukul 10.00 – 12.00 WIB dengan menampilkan empat tema pengelompokan yakni;  Greater Destinations : Jakarta, Bali dan Kepri; Festival Budaya;  Event Buatan : Olahraga, Alam dan MICE;  10 Dest.I.Nation.

Acara dilanjutkan dengan Pleno: Sepuluh Even Nasional (14.00 – 15.30); Pendampingan 100 Wonder Event berdasarkan kawasan (pkl 15.30 – 17.00); dan diakhiri dengan Bluemoon Festival  (pkl. 18.00 – 22.00). Bluemoon Festival  adalah peristiwa langka terjadi saat jarak bulan terdekat dengan bumi; supermoon, bluemoon dan gerhana terjadi serentak. Peristiwa seperti ini terakhir pernah terjadi pada 31 Maret 1866. Bluemoon Festival  akan dapat disaksikan kembali bersama di puncak Gedung Sapta Pesona Jakarta.

Menurut panitia penyelenggara melalui siaran pers kemarin, Fistinfest ini sebenarnya diadakan untuk kedua kalinya. Tema kali ini: Perayaan Kehidupan (Celebration of Life), Visit Wonder Indonesia (ViWi) 2018: Celebration of Life ingin mencerminkan upaya mendorong keterlibatan masyarakat untuk berkarya dan berekspresi menjadikan festival sebagai daya tarik pariwisata.***