Festival Sriwijaya di Benteng Kuto Besak, Palembang, Tengah Berlangsung, Mau Datang Untuk Menyaksikan?

Tampilan Festival Sriwijaya pada acara pembukaan 22/8/2017 malam.(Foto:Ist)

Tampilan Festival Sriwijaya pada acara pembukaan 22/8/2017 malam.(Foto:Ist)

Di Festival Sriwijaya 2017 selain tampilan seni budaya Sriwijaya, ada fashion show kolosal yang menampilkan bujang gadis dari kabupaten kota se-Sumsel. Festival ini merupakan wadah bagi semua pekerja seni yang berasal dari 17 kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Selatan, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariswisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga.

Festival hari-hari ini tengah berlangsung sampai 28/8/2017, setelah diresmikan pembukaannya oleh Gubernur Sumsel Alex Nurdin bersama  Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, Selasa malam 22/8/2017.  Kegiatannya dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB), persis di sebelah jembatan Ampera kota Palembang.

Menurut Irene, Festival Sriwijaya yang telah masuk tiga besar terpopuler di Indonesia ini hanya menampilkan pergelaran seni budaya se-Sumsel, bukan untuk bertransaksi tunai. Kegiatan rutin yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan ini dalam rangka mengangkat kembali nilai-nilai tradisional dalam bingkai kejayaan Kerajaan Sriwijaya.

Festival Sriwijaya tahun ini mengangkat tema utama perniagaan maritim dengan tujuan menjadikan Sumatera Selatan sebagai prioritas destinasi pariwisata nasional.

“Pada Festival Sriwijaya kali ini ada yang istimewa dengan mempromosikan Asian Games XVIII,” kata dia.  Salah satu promosi yang akan dilakukan adalah peluncuran count down atau hitung mundur satu tahun menuju Asian Games.

“Tujuan utama dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi terhadap usaha maksimal dan berkesinambungan dari Pemerintah Kabupaten dan Kota di Sumatera Selatan,” kata Irene.

Irene menambahkan, Pemprov Sumsel akan mempersiapkan Festival Sriwijaya dengan kemasan secara apik dan modern untuk mendongkrak sektor industri pariwisata nasional. Agenda Festival Sriwijaya 2017 yang telah diluncurkan Menteri Pariwisata Arief Yahya pekan lalu akan mendukung promosi pariwisata nasional.

Akan ada pemutaran bioskop keliling yang menayangkan film-film bertemakan pendidikan, budaya dan pariwisata.

Pada hari ke-2 ada lomba lukis kertas karton tebal, pertunjukan seni rupa, pameran karya lukis seniman, lukis wajah karikatur, demo pembatik dan lomba lukis baju kaos. Juga, ada panggung hiburan yang menampilkan musik etnik, parade musik jalanan dan parade teater tradisional Dul Muluk serta penampilan gelar budaya dari kabupaten atau kota.

Hari ke-4, ada pementasan teater mini, Festival Batanghari Sembilan dengan menampilkan 60 peserta gitar tunggal, pementasan musik jalanan dan malamnya pementasan wayang kulit Palembang.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.