Sebuah aplikasi multifungsi terbaru mengenai pariwisata Indonesia baru saja diluncurkan. PT inTouch Innovate Indonesia bekerja sama dengan MarkPlus Center for Tourism and Hospitality merilis iWOW atau Indonesia World of Wonder, sebuah aplikasi bagi perangkat mobile untuk pejalan dan turis/pelancong. iWOW adalah aplikasi untuk mencari dan menerima berbagai informasi dan penawaran produk-produk pariwisata di seluruh Indonesia, khususnya di destinasi-destinasi wisata.

iWOW menyediakan layanan berbasis lokasi yang memungkinkan wisatawan/pelancong dapat mengetahui apa yang ada di dekatnya serta cara menuju ke suatu alamat. Aplikasi ini juga dapat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan. Bagi pejalan bertujuan bisnis akan menerima informasi dan penawaran berbeda dengan turis/pelancong yang bertujuan wisata.

iWOW dapat diunduh di berbagai platform, Android, iOS, Windows, dan BlackBerry. Aplikasi tersedia dalam bahasa Indonesia, Inggris, Tiongkok, Jepang, dan Rusia.

Untuk melengkapinya, layanan iWOW dirancang sebagai end-to-end solution yang dapat digunakan oleh turis mulai dari saat perencanaan kunjungan, saat tiba, selama di kota tujuan, sampai setelah kembali ke negara/daerah asal. Para pejalan dan wisatawan akan terus mendapatkan informasi dan penawaran mutakhir untuk kunjungan berikut di tujuan wisata lainnya.

Fitur rewards juga memungkinkan pejalan dan wisatawan/pelancong mendapatkan poin dengan melakukan berbagai kegitan, mulai dari mengunduh aplikasi iWOW, melengkapi informasi atau survei, memberi komentar, memberi like, check-in, posting gambar atau video, sampai melakukan transaksi di mitra-mitra (termasuk UKM) yang berpartisipasi dalam iWOW. Rewards tersebut dapat ditukarkan dengan berbagai produk atau layanan yang disediakan oleh mitra-mitra iWOW seperti upgrade kamar hotel, upgrade seat penerbangan, makan/minum gratis, diskon belanja, dan lain-lain.

Peluncuran iWOW  ditandai dengan penandatanganan MoU anatara PT inTouch Innovate dan MarkPlus Center for Tourism and Hospitality yang dilaksanakan pada sebelum Konser Indonesia WOW di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta tanggal 11 Desember 2014.

“Kami bangga dan merasa terhormat mendapat dukungan Kementerian Pariwisata untuk membangun iWOW yang memberikan kesempatan bagi kami untuk membuktikan bahwa bangsa ini tidak hanya bisa menjadi salah satu pasar atau konsumen teknologi mobile terbesar di dunia, tetapi juga menjadi salah satu kontributor teknologi yang menjadi tuan di negeri sendiri,” kata Kendro Hendra, CEO inTouch.

Kementerian Pariwisata akan membantu menyebarluaskan informasi iWOW. Aplikasi ini juga didukung oleh Telkom Indonesia.

iWOW direncanakan sudah bisa diunduh pada awal tahun 2015. Dengan aplikasi ini, pengguna akan langsung terhubung dengan penyedia jasa. Pengguna melakukan registrasi sebelum berangkat ke destinasi. Lalu mengetik daerah atau lokasi tujuan dan daftar berbagai informasi akan langsung muncul di layar gawai. Pengguna bisa langsung memesan dan akan mendapat vocer nomor kode untuk ditunjukkan kepada vendor yang tergabung dalam program iWOW. Registrasinya free of charge.

Pasarkan dan juallah merk dan produk Anda sekarang

Bagi Anda yang bergerak dalam usaha akomodasi, restoran atau tempat makan, perusahaan perjalanan, sewa kendaraan ataupun perlengkapan wisata khusus seperti diving/snorkeling, cycling dlsb., mini market lokal, atraksi wisata, dan lain-lain, dengan memanfaatkan aplikasi iWOW dapat menempatkan merk, produk dan jasa layanan langsung ke tangan konsumen.

iWOW menyediakan sarana kampanye pemasaran langsung dengan biaya rendah, dapat dihitung dan berimplikasi tinggi. Dengan mengambil bagian dalam program iWOW, memungkinkan Anda mengakses jutaan wisatawan dan pejalan lokal maupun mancanegara. Sebagai mitra, membuka peluang usaha Anda mendapat like lebih banyak, lebih sering disebut (mention), mengumpulkan pengikut (follower), dan meningkatkan publikasi (posting) terutama melalui media sosial.

Dunia pariwisata di Indonesia akan semakin digital tahun depan. Semakin besarnya penetrasi penggunaan gawai di kalangan masyarakat Indonesia menumbuhkan ekspetasi konsumen terhadap informasi dan penawaran (deal)  yang tidak hanya harus menarik tetapi juga harus real time atau pada saat itu juga semakin meningkat.*** (Yun Damayanti)