Safari di tengah alam habitat binatang liar, salah satu daya tariknya. (Foto: Ist)

Safari di tengah alam habitat binatang liar, salah satu daya tariknya. (Foto: Ist)

Lain lubuk lain ikannya. Tapi semogalah tak ada lagi peristiwa teroris di negeri ini. Untuk memulihkan krisis pariwisata akibat isu keamanan saat ini, Kenya tampak membayar relatif lebih mahal. Pemerintah Kenya meluncurkan paket insentif pariwisata demi menarik kembali wisman berkunjung ke negerinya setelah diimbas oleh gelombang serangan ekstremis dan jumlah wismannya menurun. Presiden Uhuru Kenyatta pekan lalu mengumumkan pelaksanaan program yang “belum pernah ada sebelumnya”, yaitu berupa insentif keringanan visa, pengurangan harga-harga tiket masuk ke taman-taman, perbaikan infrastruktur dan peningkatan pelayanan, dinyatakan sebagai upaya menghidupkan kembali dan mendukung “perjuangan” industri pariwisata negara itu.

Dia mengumumkan rancangan langkah-langkah itu pekan lalu ketika meresmikan Inggris Point Marina, sebuah resor baru yang besar di lokasi yang disebut Mombasa County. Itu diberitakan oleh Travel Weekly di Australia hari ini (18/1/2016)

“Sebagai imbalannya, saya harus meminta semua pemain untuk menanggapi inisiatif ini, dan untuk konsultasi yang sedang berlangsung, dengan keseriusan yang layak dari mereka,”kata Kenyatta.

Dia juga menyoroti investasi ke bidang keamanan – yang menjadi perhatian utama bagi wisatawan menyusul serangan yang disebukan oleh “ekstremis”.

“Perbaikan nyata dalam keamanan untuk semua. Kami tidak berani membiarkan momentum ini hilang, “katanya.

Perubahan-perubahan yng dimaksud terdiri atas:

• Biaya Visa untuk anak-anak kurang dari 16 tahun akan dibebaskan tanpa batas dari 1 Februari 2016.

• Pajak PPN atas biaya masuk ke taman nasional harus benar-benar dihapus, dengan harga ke Kenya Wildlife Service Park USD $ 60 (turun dari USD $ 90) untuk tahun keuangan 2016/17.

• Skema Insentif Charter, membebaskan biaya pendaratan penerbangan di bandara Mombasa dan Malindi, dan menyediakan USD $ 30 rabat (potongan harga) untuk semua wisatawan yang mendarat, sejak sekarang sampai 30 Juni 2018 untuk membantu industri mendapatkan kembali kekuatan penuh.

• Presiden juga telah menyiapkan dana Kshs1.2 miliar (setara Rp163,284 miliar atas kurs Rp136.07/1 Shilling Kenya), untuk insentif charter guna merangsang minat dari potensi charter baru untuk wilayah pesisir, sementara pada saat yang sama mendorong mereka terbang di seluruh daerah untuk meningkatkan frekuensi penerbangan mereka.

• Presidennya menyatakan mengantisipasi perluasan lagi Bandara Malindi dan Bandara Internasional Jomo, untuk memudahkan kedatangan pengunjung serta menawarkan fasilitas untuk menangani peningkatan wisatawan global.

• Wilayah pesisir Kenya juga akan dibangun jalan raya Pelabuhan – Reitz Mombasa Road dan Dongo – Kundu Bypass, yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan perjalanan ke Pantai Selatan (Diani) tanpa harus menggunakan layanan feri.

Jumlah turis ke Kenya memang pernah mencapai 1,8 juta di tahun 2011, lalu mnurun terus lantaran terjadinya serangan-serangan teroris di 2013 dan 2014. Tercatat jumlah wismannya tahun 2013 menjadi 1,49 juta.

Pariwisata di Kenya itu merupakan sumber terbesar kedua dari pendapatan devisa berikut pertanian. Dunia boleh dikatakan mengetahui  bagaimana terkenalnya tempat wisata utamanya seperti safari foto melalui 19 taman nasional dan taman-taman permainan terbuka. Atraksi lainnya termasuk masjid-masjid di Mombasa; pemandangan terkenal dari Great Rift Valley; perkebunan kopi di Thika; pemandangan Gunung Kilimanjaro melintasi perbatasan ke Tanzania dan pantai sepanjang Samudera Hindia.

Harga-harga paket wisata-nya memang relative lebih mahal.***