Count Down Asian Games: Kemenpar Siap Memasarkan Wisatanya, Perlu Operator Tur Berkemampuan dan Pengalaman

Vinsen Jemadu

Vinsen Jemadu

 Count down alias hitung mundur: Untuk rencana memasarkan, mempromosikan ke mancanegara agar lebih banyak pengunjung wisman datang ke Asian Games (AG) 2018, Kemenpar telah siap-siap sejak April 2017. Yaitu telah berupaya menghimpun paket-paket wisata yang bisa ditawarkan oleh para pelaku bisnis wisata utamanya dari operator tur atau inbound tour operator.

     Vinsen Jemadu, Asdep Pengembangan Pasar wilayah Asia Pasifik, Kemenpar, menjelaskan, bulan Juli ini merupakan deadline, artinya batas waktu bagi para operator yang berminat untuk harus selesai mendaftarkan diri dan produk-produk wisatanya. Kenapa?

“Menteri Pariwisata menginginkan agar di bulan Agustus sudah harus mulai diproduksi katalog berkualitas internasional untuk diedarkan ke mancanegara”, kata Vinsen.

Demikian pula mulai Agustus 2017 produk-produk wisata berupa paket wisata, itinerary, program aktifitas untuk wisman, dll., juga sudah harus mulai dimasukkan pada kampanye media online.

Kemenpar sudah menghitung hari untuk melaksanakan dan mensukseskan kampanye pemasaran wisata. Menurut Vinsen, Kemenpar melakukannya untuk keseluruhan event Asian Games 2018, baik yang diselenggarakan di Jakarta maupun Palembang.

AG akan berlangsung selama 14 hari tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Sebanyak 11 cabang olahraga akan dilaksanakan di Palembang, di kompleks olahraganya yang sudah terkenal bernama Jakabaring, dan semua cabang olahraga lainnya akan dilaksanakan di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Vinsen, pihak anggota ASITA dan para disparda telah diberitahukan dan diminta agar mempersiapkan diri untuk peluang bisnis yang bagus itu, yakni untuk menawarkan peserta dan pengunjung AG dari mancanegara untuk berwisata di destinasi Jakarta, Jawa Barat, Banten, Palembang.

Para operator itu memang diseleksi, yang berkemampuan dan berpengalaman.

Kemenpar, menurut Vinsen, kini mempromosikan AG 2018 pada setiap kesempatan promosi di luar negeri, di kegiatan event, festival dan lainnya yang dilaksanakan dan atau yang diikuti oleh Kemenpar, selama tahun 2017 hingga periode menjelang pelaksanaan AG pada Agustus 2018.

Kemenpar juga telah membentuk Tim Percepatan Pengembangan Wisata Olahraga yang telah melakukan beberapa penyiapan konsep, strategi dan program, termasuk usulan upaya mendukung kesuksesan peningkatan jumlah kunjungan wisman pada setiap kali adanya pelaksanaan event olahraga internasional di Indonesia.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.