Kemenpar menyelenggarakan Lomba Foto Pariwisata Cross Border Indonesia 2017. Menteri Arief Yahya tampak menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba, ketika Menpar menutup kegiatan Rapat Koordinasi Pariwisata Cross Border 2017 di Jakarta pada 5/12/2017. (Foto:Humas Kemenpar)

Kemenpar menyelenggarakan Lomba Foto Pariwisata Cross Border Indonesia 2017. Menteri Arief Yahya tampak menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba, ketika Menpar menutup kegiatan Rapat Koordinasi Pariwisata Cross Border 2017 di Jakarta pada 8/12/2017. (Foto:Humas Kemenpar)

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews): Rute penerbangan Pontianak-Putussibau dan Pontianak-Sintang akan dibuka oleh Wings Air, anggota Lion Group, mulai lusa 15 Desember 2017. Sementara itu maskapai penerbangan Citilink Indonesia terpilih lagi sebagai Indonesia Leading Low Cost Airline untuk yang ke-7 kalinya dalam ajang penghargaan Indonesia Travel and Tourism Awards (ITTA) 2017/2018 yang diselenggarakan oleh Indonesia Travel and Tourism Foundation.

Distrik Manager Lion Air Group Pontianak, Lukman Nurjaman mengkaitkan dengan konsep pariwisata perbatasan (crossborder tourism) yang digaungkan oleh pemerintah, di samping akan semakin memperkuat konektivitas penerbangan antarkota yang mencapai  kabupaten maupun kecamatan.

Mengenai pengembangan rute di dalam negeri ini, di siaran persnya kemarin Direktur Keuangan Citilink Indonesia Fransetya Hutabarat menyatakan Citilink mendukung program pengembangan pariwisata nasional, khususnya pengembangan sepuluh destinasi prioritas “New Bali”yang tengah digencarkan oleh pemerintah.

“Pembukaan rute-rute baru juga dikaitkan dengan destinasi wisata baru. Selain sebagai ekspansi bisnis juga mengkonesikannya dengan rute-rute  regional yang dimiliki Garuda Indonesia,” kata Fransetya.

Sepanjang 2017 Citilink Indonesia terus memperluas jaringan penerbangannya ke berbagai destinasi, khususnya ke Kawasan Timur Indonesia seperti Jayapura, Kendari, Gorontalo, Ambon, Silangit, dan juga rute regional ke Dili, Timor Leste.

Adapun mengenai penghargaan ITTA itu diberikan kepada perusahaan terpilih di industri pariwisata yang dinilai memiliki kualitas terbaik dalam hal layanan dan kepuasan pelanggan. Para pemenang dipilih melalui tiga tahap seleksi yaitu secara online (voting) dengan bobot 25 persen, penilaian kualitatif dan kuantitatif oleh dewan juri dengan bobot sebesar 50 persen, dan tahap assessment oleh BINUS Business School sebesar 25 persen. Lomba untuk Awards 2017 itu diikuti oleh lebih dari 200 brand di industri pariwisata yang memperebutkan 70 kategori.

Rute baru Wings Air tersebut tadi menurut Distrik Manager Lion Air Group Pontianak, Lukman Nurjaman, akan dilayani dengan pesawat baling-baling tipe ATR 72-500/600.

Melalui siaran persnya diterangkan Putussibau adalah ibukota Kabupaten Kapuas Hulu, kota yang dihuni sekitar 23 ribu jiwa, kota terbesar di Kapuas Hulu sebagai pintu masuk menuju dua destinasi ekowisata utama di jantung Borneo, yaitu Danau Sentarum dan Taman Nasional Betung Kerihun.

Putussibau berada di hulu Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia dan kedua terpanjang di dunia setelah Sungai Amazon. Putussibau sebagai gerbang menelusuri taman nasional, sungai dan rumah-rumah adat di Kalimantan, jadi bisa berperan penting dalam menunjang industri wisata andalan di Kalimantan Barat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui itu akan memperkuat konsep crossborder tourism yang akan semakin digenjot di tahun 2018 mendatang. Menpar mengatakan, di tahun depan wisman crossborder ditargetkan mencapai 3,57 juta wisman.

“Akan ada 220 event yang akan digelar di 31 area yang tersebar di delapan wilayah perbatasan,” ujar Menpar Arief Yahya.***