Borobudur International Festival minggu Depan dengan Seniman Seniwati Internasional dan Daerah. Mau Menyaksikan?

Wisman memandangi the masterpiece Borobudur, tampak tertib mendengarkan guide bercerita, setelah itu mereka pun melangkah menuju lalu menaiki candi Borobudur.(Foto:AH)

Wisman memandangi the masterpiece Borobudur, tampak tertib mendengarkan guide bercerita, setelah itu mereka pun melangkah menuju lalu menaiki candi Borobudur.(Foto:AH)

Datanglah menyaksikan Borobudur International Festival (BIF) 2017 minggu depan, 28–30 Juli 2017. Para seniman dari China, Jepang, dan India  akan melakukan kolaborasi pertunjukan seni budaya dengan para seniman dari berbagai daerah Indonesia.  Dan, akan dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah (dari Kabupaten Lumajang (Jawa Timur), Banten dan Kabupaten / Kota di Jawa Tengah, seperti Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Jepara, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Magelang;  pembukaan Pameran Permuseuman dan Kepurbakalaan, penampilan duta seni provinsi dan duta dari mancanegara. Mereka akan tampil mulai pagi hingga malam hari. Ada juga kegiatan familiarization (fam) trip.

Kegiatan fam trip itu akan membawa para peserta  dari mancanegara melihat langsung destinasi dan keindahaan Candi Borobudur serta kegiatan desa wisata di sekitar Borobudur. Akan terlihat aktivitas masyarakat setempat melakukan berbagai pelatihan pariwisata untuk menyambut wisatawan.

“Kita telah meluncurkan  branding  10 destinasi di antaranya Joglosemar dengan brand  ‘java cultural wonders’ . Sub-brand  destinasi pariwisata ini akan memperkuat positioning dari masterbrand  Wonderful Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya.

“Borobudur  telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO, sementara  Kemenpar menetapkan sebagai satu di antara 10 destinasi prioritas. Berbagai ketetapan tersebut menunjukkan Borobudur memiliki potensi wisata kelas dunia sehingga layak didorong pengelolaannya demi kesejahteraan masyarakat,” kata Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo melakukan launching BIF 2017 bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Kementerian Pariwisata di Jakarta,  Senin malam (17/7). Tahun ini merupakan tahun yang keempat kali BIF diselenggarakan oleh Pemprov JawaTengah ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.