Bintan, di mana investor Malaysia dan Singapore sedang menaruh fokus dan investasi mengembangkan pariwisata internasional. Di Batam kebanyakan investasi modalnya dari dalam negeri.

Bintan, di mana investor Malaysia dan Singapore sedang menaruh fokus dan investasi mengembangkan pariwisata internasional. Di Batam kebanyakan investasi modalnya dari dalam negeri.

Pulau Bintan semakin kuat hendak menjadi destinasi wisata internasional. Perusahaan asal Malaysia, Landmark Berhad, melalui anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya, PT Bintan Hotel Utama (PTBHU), menandatangani kesepakatan joint venture (JV) dengan ML Hotel Investments Pte Ltd (ML Hotel) asal Singapura untuk mengembangkan, memiliki dan mengoperasikan dua hotel berjaringan internasional di Treasure Bay, di Pulau Bintan pada hari Senin (18/5). Kedua hotel, Mercure dan Ibis Budget, diharapkan dibuka pada tahun 2017 dan akan dikelola oleh Grup Accor.

“Dengan JV ini dan kemitraan lainnya serta merek hotel internasional, kami siap memposisikan Treasure Bay Bintan sebagai tujuan liburan terkemuka di Asia Tenggara. Kami yakin, tahap pertama Treasure Bay Bintan ini akan berfungsi sebagai katalis dalam menciptakan nilai real estate abadi dan menambah penawaran pariwisata di Bintan, dengan membawa konsep rekreasi dan hiburan unik yang tidak ditemukan di tempat lain di dalam kawasan,” Chief Operating Officer Landmark Berhad Fong Chee Khuen mengatakan.

Terletak di garis pantai Crystal Lagoon, Treasure Bay Bintan akan menjadi tempat rekreasi air laut pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Tempat rekreasi ini dikelilingi 6,3 hektar laut berair sebening kristal yang akan menawarkan berbagai kegiatan olahraga air interaktif serta berbagai kegiatan rekreasi dan petualangan kepada tamu.

Chill Cove yang mengelilingi sekitar Crystal Lagoon dan berjarak sangat dekat ke kedua hotel, akan menampilkan berbagai restoran, bar dan klub, ditambah spa dan toko-toko ritel yang menawarkan kluster atraksi hidup dan rekreasi kelas dunia. Para tamu hotel dan warga akan menikmati kemudahan mengakses deretan pilihan tempat makan tak terhingga yang melayani masakan lokal dan internasional, memberikan pengalaman kehidupan malam melalui bar-bar dan klub-klubnya, fasilitas kesehatan seperti spa untuk peremajaan dan berbagai gerai ritel. Pembangunan tempat rekreasi ini bertujuan meningkatkan lama tinggal tamu dan memastikan tidak akan ada kekurangan kegiatan bagi pengunjung bahkan setelah malam menjelang.

Bangunan Hotel Mercure akan menjadi bangunan tertinggi di Pulau Bintan. Bangunan 10 lantai itu menawarkan 182 kamar yang akan menjadi kunci baru ke Treasure Bay Bintan. Sebanyak 114 kamar yang disewakan dalam jangka panjang akan tersedia untuk siap dijual. Hotel Mercure juga akan dilengkapi dengan rooftop restaurant and bar-nya yang terkenal itu yang akan menawarkan pengalaman bersantap di tempat tertinggi di pulau dengan pemandangan di sekitarnya yang indah. Fasilitas lainnya termasuk taman di atas atap berumput untuk digunakan sebagai tempat pernikahan dan rekreasi, kolam renang sepanjang 35 meter, ruang rapat, pusat kebugaran dan pusat kesehatan.

Ibis Budget menawarkan 162 kamar kelas wisata yang berada di lokasi dekat dengan tempat belanja yang menawarkan merek-merek internasional terpilih dan butik-butik yang bervariasi. Selain itu, hotel ini juga menawarkan fasilitas lain seperti ruang rapat dan ruang sarapan.

Mercure akan menjadi hotel berskala menengah dengan kepribadian berakar pada budaya lokal, sementara Ibis Budget akan memberikan kenyamanan mendasar dengan harga terjangkau.

ML Hotel adalah perusahaan investasi Singapura yang dipimpin oleh Chairman Dato Marco Low. PTBHU dan ML Hotel akan memiliki masing-masing 40% dan 60% saham dalam kerjasama JV ini. Sebagai bagian dari perjanjian usaha patungan tersebut, sebuah perusahaan investasi akan dibentuk untuk memiliki hotel. *** (Yun Damayanti, dari berbagai sumber)