Bestival dari Inggeris Diadakan di Bali, Pengelolaan Event, Tiket Serba Digital, Cashless, Estimasi 5000-8000 Pengunjung

(Sumber: Bestival)

(Sumber: Bestival)

Lima sampai delapan ribu orang diperkirakan akan menyaksikan. Ada Festival yang dinyatakan terkemuka dari Inggris, namanya Bestival, memulai petualangan baru di Pulau Bali. Bestival Bali akan diselenggarakan pada hari Sabtu dan Minggu, 30 September dan 1 Oktober 2017. Pertama kali diselenggarakan di kawasan Asia juga pertunjukan pertama di Asia Tenggara. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) dipilih sebagai tempatnya.

Festival itu penerima berbagai penghargaan. Yang baik diperhatikan cara pengelolaan serba digital, ini segera akan jadi fenomena baru bagi Indonesia.

Dinyatakan ciri khasnya unik, menghibur penonton dengan musik eklektik dari seluruh dunia serta menawarkan pengalaman mendalam, makanan lezat, dan pengalaman-pengalaman lain yang tak terlupakan.

Kurator sekaligus founder Bestival  Rob da Bank dalam siaran pers mengatakan, “Well, I can’t think of a better place in the world to do a new festival than Bali. A beautiful island, incredible culture, great music and don’t even get me started on the surf, history, nature, people. We are honoured to bringing Bestival to Bali and promise to deliver a sublime festival experience reflecting being on the Island of Gods from funk pioneer George Clinton and hip hop royalty De La Soul to indie heroes Alt-J and Purity Ring. It’s gonna be the best!

Pertunjukan perdananya di Bali antara lain akan menampilkan band rock indie dari Inggris alt-J, duo elektronik Kanada Purity Ring, The Cuban Brothers, dan  bintang reggae asal Indonesia Ras Muhammad. Full line-up di panggung utama:

Alt-j, rudimental (dj set), de la soul, george clinton parliament funkdelic, purity ring, the cuban brothers, rob da bank, stars & rabbit, ras muhammad.

Selain mereka, akan tampil band dan seniman lainnya dari berbagai negara juga band dan musisi dari Bali, Jakarta dan daerah lainnya. Mereka itu akan tampil di island stages selama dua hari pada akhir pekan terakhir di bulan September 2017.

Ini Campbestival,salah satu keluarga Bestival UK,yang baru saja diselenggarakan pada akhir Juli 2017.(Foto:campbestival.net)

Ini Campbestival, salah satu keluarga Bestival UK,yang baru saja diselenggarakan pada akhir Juli 2017.(Foto:campbestival.net)

Sejak pertama kali digelar pada tahun 2004, Bestival UK menjadi festival terkemuka di Inggris Raya. Festival ini pun telah memenangkan banyak penghargaan. Festival butik aslinya dikunjungi lebih dari 40 ribu penggemar yang sengaja datang ke UK setiap tahun. Festival tersebut memang dikenal karena visi kreatif dan musik eklektiknya.

Usai pertemuan dengan media di Artotel Thamrin, Jakarta, Jumat (8/9), Operational Director Bestival Asia Phil Beaven mengatakan, begitu banyak festival musik bagus di Indonesia. Ini merupakan kesempatan untuk membawa Bestival kepada publik di Indonesia.

We’ll create something totally different that no one see it in here, even across Asia. We choose Bali which has big pool of people from all over the world and it’s tourist destination. We fell like Bali for something new. GWK where the Bestival will be held, is the most beautiful festival site I ever seen in my life. It’s crazy. It’s awesome. So we think we have to do Bestival in here,” ujar Phil.

Pada penyelenggaraan pertama ini diharapkan akan dikunjungi sekitar lima ribu orang hingga delapan ribu orang. Seperti saat Bestival pertama kali diselenggarakan di UK.

Bestival Bali dibuat agar bisa diakses oleh semua orang. Diantara pengunjung akan ada para ekspatriat, turis yang sedang berlibur di Bali, para penggemar Bestival yang selalu hadir di UK bukan tidak mungkin akan datang ke Bali untuk mengunjungi festival, dan pengunjung lokal. Penyelenggara pun menyediakan tiket harga khusus bagi pelajar.

Pembelian tiket festival lebih awal bisa didapat seharga USD 200 untuk dewasa. Sedangkan harga normal tiket dewasa USD 250. Tiket VIP dewasa seharga USD 450. Dan harga tiket meja VIP untuk 8 orang USD 4000.

Tiket Bestival Bali dapat diperoleh di http://bestivalbali.com atau tiket dalam nominal Rupiah dapat dibeli di https://id.bookmyshow.com/jakarta/music/bestival-bali-2017/ET00004854. Penyelenggara festival juga bekerja sama dengan GoTik dalam penjualan tiketnya.

Tiket berlaku selama dua hari Bestival Bali berlangsung. Tiket atau QR Code yang sudah dicetak, ataupun QR Code yang disimpan di dalam gawai, harus ditunjukkan di pintu masuk. Setelah dipindai, pengunjung akan diberikan gelang tangan yang juga berfungsi sebagai uang elektronik.

Phil menerangkan, Bestival Bali menggunakan sistem pembayaran cashless. Dengan gelang tangan tersebut pengunjung bisa menikmati semua pertunjukan, membeli makanan dan minuman, hingga suvenir dan karya para seniman yang dipamerkan di area festival. Gelang tersebut juga bisa diisi ulang (top up) di booth yang telah disediakan di dalam area festival nanti.*** (Yun Damayanti)

Leave a Reply

Your email address will not be published.