Indonesia beberapa kali ikut pada SATTE, satu pameran dan bursa pariwisata internasional terbesar yang setiap tahun digelar pihak India. (Foto:Ist)

Indonesia beberapa kali ikut pada SATTE, satu pameran dan bursa pariwisata internasional terbesar yang setiap tahun digelar pihak India. (Foto:Ist)

Di India, sektor penginapan dan pemesanan online melalui Mobile yang mendorong meningkatkan pasar wisata. Pasar pemesanan perjalanan melalui online di India terus melonjak dua digit meskipun penggunaan internet sangat rendah dan di tengah berlangsungnya penetrasi penggunaan kartu kredit. Pada tahun 2014, saluran online menyumbang 39% dari pemesanan perjalanan.

Segmen perjalanan penerbangan dan kereta api telah lama didukung oleh tingkat penetrasi pemesanan secara online di India, tapi sekarang bergeser pada Penginapan. Pasar hotel sehat secara keseluruhan, bersama dengan agen perjalanan online ‘(OTAs’) berupaya dengan kuat untuk membawa konten Penginapan terfragmentasi ke platform mereka, dikombinasikan sehingga meningkatkan jumlah pemesanan hotel online 32% dan mencapai nilai US $ 800 juta tahun 2014. Hotel pun bergeser ke saluran online pada kecepatan yang sama, mendorong penetrasi secara online di segmen ini dan diperkirakan mencapai 27% pada 2017.

OTAs telah berhasil menggandakan bisnis distribusi hotel, kini mereka juga investasi besar-besaran dalam penawaran melalui mobile. Ponsel menyumbang hampir satu dari lima dollar yang diperoleh OTA pada nilai bruto pemesanan di tahun 2014, dan itu diproyeksikan akan naik pesat. Total pemesanan mobile (OTAs dan pemasok gabungan) India diproyeksikan mencapai $ 3.200.000.000 pada 2017, sebagian besar pada OTAs.

Perkembangan itu menempatkan India hanya beberapa persen di belakang dunia yang paling besar pasar perjalanan online bagi orang dewasa, yakni Amerika Serikat dan Eropa.

Itu pula yang diuraikan Phocuswrite dalam penerbitannya Ikhtisar Edisi Kedelapan: Penginapan dan Mobile Tinggikan Pasar di India.

Diterbitkan Juli 2015, ditulis oleh Maggie Rauch, Senior Research Analyst-nya.

Topik masing-masing buku terkait pasar di China dan di India itu meliputi:

• Ukuran total dan secara online pasar rekreasi dan bisnis di pasar wisata yang belum disentuh.

• perkiraan Pasar hingga 2017

• mendalami rincian semua segmen pemasok wisata utama, termasuk penerbangan, kereta api, hotel, sewa mobil dan perjalanan

• Pemeriksaan tren perjalanan online dan peramalan

• Analisis pemesanan Pemasok dan OTA dan prakiraan

• Eksplorasi transportasi darat

Dengan analisis dari lanskap saat ini, tren masa depan dan prakiraan, Phocuswright menawarkan pemahaman definitif akan peluang dan tantangan di pasar perjalanan online di China dan di India.***