Bali, Ubud dan Nihiwatu, Sumba Wakili Pariwisata Indonesia Di Penghargaan ‘yang Terbaik’ dari Pembaca Travel+Leisure

Puri Peliatan,Ubud.Setiap hari Sabtu malam Sanggar Gunugsari menggelar pertunjukan seni tari dan gamelan bali di pekarangan atau di pendopo.(Foto:YD)

Puri Peliatan,Ubud.Setiap hari Sabtu malam Sanggar Gunugsari menggelar pertunjukan seni tari dan gamelan bali di pekarangan atau di pendopo.(Foto:YD)

Travel+Leisure, salah satu media pariwisata terkemuka dunia, baru saja mengumumkan pilihan pembacanya siapa yang berhasil mendapat penghargaan Travel+Leisure the 2017 World’s Best Awards. Penghargaan itu diberikan kepada pulau-pulau, kota-kota, hotel/resor, kapal pesiar, transportasi, destinasi spa, operator tur+safari dan lain-lain. Tahun ini, Pulau Bali, Ubud dan Nihi Sumba Island (sebelumnya Nihiwatu) mewakili Indonesia di ajang tersebut untuk kategori Pulau Terbaik Dunia, Pulau Terbaik Asia, Kota Terbaik Dunia, Kota Terbaik Asia dan Hotel Terbaik Dunia.

Dikutip dari situs Travel+Leisure, kategori Pulau Terbaik Dunia meliputi pengalaman pembacanya terhadap aktivitas yang bisa dilakukan dan panoramanya, atraksi alam dan pantai, kulilner, keramahtamahan masyarakat lokalnya dan nilai-nilai lainnya.

Dua tahun berturut-turut Pulau Palawan, Filipina menempati urutan nomor 1 di kalangan pembaca Travel+Leisure. Di pulau itu terdapat laguna-laguna tersembunyi, kehidupan laut yang eksotis dan resor-resor mewah yang otentik. Pulau Bali pun masih berada di dalam peringkat 10 besar dan sinonim dengan destinasi bulan madu impian.

Dalam Travel+Leisure the 2017 World’s Best Islands Pulau Bali menempati peringkat ke-10 dengan nilai 87,61. Dua pulau di Filipina menempati peringkat tiga besar pilihan pembaca, Pulau Palawan di nomor 1 dengan nilai 93,15 dan Pulau Boracay di urutan ketiga dengan nilai 89,67.

Di kategori Pulau Terbaik Asia 2017, ada lima pulau Filipina masuk di dalam daftar 10 besar. Bahkan pulau terbaik pertama dan kedua ditempati Pulau Palawan dan Boracay, diikuti Pulau Panglao di nomor 4, Cebu dan Luzon masing-masing berada di peringkat ke-6 dan ke-8. Pulau Bali menempati peringkat ketiga terbaik pilihan pembaca Travel+Leisure.

Untuk kategori Travel+Leisure the 2017 World’s Best Cities Ubud, Bali menempati peringkat ke-9 dengan nilai 90,13. Tidak jauh terpaut dari kota terbaik nomor 1 dunia, San Miguel de Alende, Meksiko (92,12). Kota-kota di Asia Tenggara lainnya yang masuk dalam 10 besar kota terbaik pililhan pembaca adalah Chiang Mai,Thailand (nomor 3); Hoi An, Vietnam (nomor 7), dan Luang Prabang, Laos (nomor 10).

Sedangkan di kategori Asia, Ubud di Bali menempati peringkat ketiga terbaik. Pembaca memilih Chiang Mai, Thailand sebagai kota terbaik di Asia tahun ini.

Kriteria pemilihan kota terbaik itu berdasarkan penilaian pembaca terhadap panorama dan landmarks kota, budaya, kuliner, keramahtamahan masyarakat lokal, tempat belanja, dan nilai-nilai lainnya. Menurut Travel+Leisure, kota-kota terbaik tahun ini hampir semua mempunyai pedestrian yang ramah terhadap pejalan kaki, ruang-ruang hijau, kekayaan sejarah yang dilestarikan dengan seksama sejalan dengan perkembangan kota.

Selain Ubud dan Bali, Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur juga masuk dalam jajaran elit pilihan pembaca atas dipilihnya kembali Nihi Sumba Island, sebelumnya dikenal dengan nama Nihiwatu, sebagai Hotel Terbaik Dunia 2017.*** (Yun Damayanti, dari berbagai sumber).

Leave a Reply

Your email address will not be published.