Pevita Pearce,wajah baru Vivo V5.(Foto:Vivo)

Pevita Pearce,wajah baru Vivo V5.(Foto:Vivo)

Praktis tak ada orang yang tidak pernah melakukan swafoto (selfie) sekarang. Dan telepon seluler pintar saat ini jadi alat yang paling banyak digunakan untuk mengambil swafoto.

Steve McCurry, seorang fotografer ternama, mengemukakan, proporsi gambar adalah segalanya dalam fotografi. Untuk mendapatkan hasil swafoto yang sempurna, aturan rasio wajah 1:3 sebaiknya diikuti. Caranya, menentukan latar belakang yang ingin ditampilkan, kemudian tempatkan wajah kita menyesuaikan dengan latar belakang. Foto diambil dari sudut yang lebih tinggi sehingga perspektif latar belakang atau pemandangan di belakang lebih tertangkap kamera dan kita pun akan tampil lebih keren di dalam foto.

Setelah itu, kita perlu memperhatikan pencahayaan sebelum menekan tombol. Pastikan wajah kita terpapar pencahayaan yang memadai. Pencahayaan alami adalah pencahayaan terbaik, itu menurut Justin Mott. Dia mengingatkan, penting untuk mengetahui dari mana sumber cahaya berasal. Jika cahaya dari belakang, agar tidak tampak berbayang atau gelap, sebaiknya menggunakan lampu flash. Atau, ambil jarak tertentu dari sumber cahaya seperti lampu, jendela dan matahari.

Vivo V5.(Foto:vivo.co.in)

Vivo V5.(Foto:vivo.co.in)

Agar swafoto tampil lebih menarik, mengatur gaya juga perlu diperhatikan. Misalnya, mengatur gaya seperti sedang menari atau melakukan pose yoga. Ada juga yang merasa cukup dengan memakai riasan yang berbeda atau mengenakan pakaian etnik. Jadi swafoto akan lebih seru dilihat dan instagramable.

Saya sendiri lebih suka menggunakan timer saat mengambil swafoto agar benar-benar siap untuk final pose. Tongsis dan tripod kecil memang berguna sekali baik ketika melakukan perjalanan seorang diri (solo traveling) maupun saat bersama-sama. Keuntungan menggunakan tongsis dan tripod saat mengambil foto selfie atau wefie, perspektif latar belakang maupun obyek gambar bisa leluasa ditangkap kamera.

Salah satu produk smartphone yang paling baru beredar di Indonesia adalah Vivo. Seri Vivo V5 dilengkapi dengan kamera depan 20 mega pixel dan fitur Selfie Softlight otomatis. Fitur ini dapat mendeteksi pencahayaan di sekitar dan dapat langsung diaktifkan jika diperlukan. Dalam siaran persnya yang diterima ITN kemarin dulu,  dijelaskan, hasil swafoto tidak perlu diedit kembali karena fitur tersebut sudah melakukan semua yang dibutuhkan oleh penggunanya untuk mendapatkan sebuah perfect selfie. *** (Yun Damayanti)