Menteri Pariwisata Arief Yahya membawakan pesan itu ketika dijelaskannya kebijakan dan strategi pengembangan wisata bahari di Indonesia, berkaitan dengan beberapa rencana yang akan dan tengah dilaksanakan tahun ini di pulau-pulau kecil. Masyarakat di pulau-pulau kecil itu mestinya menyambut dan menyongsong kegiatan yang tentu akan semain menggairahkan kegiatan ekonomi sosial dan mengembangkan lebih jauh potensi wisata bahari setempat. Yaitu dengan jelas dipaparkannya daftar yang akan dilaksanakan oleh pemerintah seperti ini:

TTI berita wisata bahari 17032015

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berapa banyak wisman diharapkan akan datang ke negeri ini? Secara nasional proyeksi jumlah wisman untuk wisata bahari pada periode lima tahun ini, 2015-2019, digambarkannya sebagai berikut:

TTI berita wisata bahari target 2019

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah, proyeksi ini tentu saja memberi gambaran bagaimana mereka yang berminat dan bergelut di bidang wisata bahari, akan memperoleh peningkatan volume bisnis, tetapi bersamaan ini mereka juga perlu mengambil langkah-langkah inisiatif dan keseriusan dalam berupaya mengefektifkan peluang yang terbuka. Tapi, memang, pengusaha sejati tak memerlukan banyak advise. Mereka diharapkan akan bergerak dengan sendirinya.***