Le Pirate Boatel di Teluk Waecicu,Labuan Bajo,Nusa Tenggara Timur.(Foto:YD)

Le Pirate Boatel di Teluk Waecicu,Labuan Bajo,Nusa Tenggara Timur.(Foto:YD)

Jakarta, (ITN-IndonesiaTouristNews):  Di akomodasi yang menawarkan ‘beyond accommodation’ ini, para tamu sekaligus melihat daya tarik dan beraktivitas. Makin yakin, alam Indonesia itu adalah surga menciptakan akomodasi-akomodasi yang melampaui fungsi dasarnya yaitu tempat merebahkan badan pada malam hari dan sarapan pagi

Berikut ini daftar akomodasi, yang menurut kami, patut dijajal pada tahun 2018, yang menawarkan pengalaman ‘beyond accommodation’ dengan konsep terbaru, unik dan ramah lingkungan.

#1 Le Pirate Boatel

Le Pirate Boatel adalah konsep terbaru akomodasi terapung. Cocok bagi wisatawan yang baru ingin mencoba akomodasi terapung di atas kapal tanpa mengarungi laut.

Le Pirate membangun akomodasi 10 kabin ini di atas sebuah perahu kayu bercadik. Perahunya ditambatkan di tengah-tengah Teluk Waecicu di kota Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Jadi perahu tidak berlayar. Dia akan mengikuti arus teluk sehingga setiap sisi kabinnya akan mendapat pemandangan matahari terbit dan tenggelam secara bergantian setiap hari.

Dek santai di Le Pirate Boatel.Momen senja di Teluk Waecicu paling romantis di Labuan Bajo,dan di sini salah satu tempat terbaik menikmatinya.(Foto:YD)

Dek santai di Le Pirate Boatel. Momen senja di Teluk Waecicu begitu romantisnya di Labuan Bajo, dan di sini salah satu tempat terbaik menikmatinya.(Foto:YD)

Kabinnya dibuat terbuka dilengkapi dengan tirai tipis dan blind sehingga tamu bisa mengadaptasikan kabin sesuai kebutuhannya. Bagian cadiknya dimanfaatkan jadi day bed dilengkapi tangga untuk naik dan turun ke laut. Empat toilet merangkap kamar mandi tersedia di bagian belakang. Dek atasnya tempat restoran dan ruang santai terbuka.

Le Pirate Boatel hanya berjarak sekitar 10 menit dari dermaga Pelabuhan Labuan Bajo. Le Pirate menyediakan guest shuttle boat terjadwal sehingga memudahkan tamu-tamunya bolak-balik Boatel dan daratan. Shuttle terjadwal ini tidak dipungut biaya tambahan. Jadi tidak perlu merasa terisolasi hanya karena tinggal di tengah teluk. Juga disediakan jadwal drop off dan pick up dua kali dalam sehari ke titik-titik snorkeling. Ini pun tidak dipungut biaya tambahan. Selain layanan tadi, untuk menuju ke titik-titik itu Anda bisa memanfaatkan kano dan standup paddle board yang disediakan.

Tamu anak-anak tidak direkomendasikan oleh Le Pirate Boatel. Ini demi menjaga keselamatan tamu mengingat bentuk akomodasinya sangat terbuka dan berada di tengah laut. Pelayanannya kasual sangat pas dengan fisik akomodasi. Di sana menerapkan eco-friendly management dengan kualitas standar amenitas seperti akomodasi di daratan.

Pulo Cinta Eco Resort di Boalemo,Gorontalo.(Foto:YD)

Pulo Cinta Eco Resort di Boalemo,Gorontalo.(Foto:YD)

#2 Pulo Cinta Eco Resort

Pulo Cinta Eco Resort di Kabupaten Boalemo, Gorontalo adalah resor di tengah laut. Kecuali bangunan restoran dan dapur di pulau pasir, semua vila termasuk kantornya berada di atas permukaan laut. Eco resort di tengah Teluk Tomini ini dibangun mengelilingi satu pulau pasir cukup luas berbentuk hati. Pulau pasir itu tidak tenggelam meskipun air laut pasang naik.

Bangunannya semua menggunakan material kayu lokal Sulawesi. Shampo dan sabun mandi ramah lingkungan disediakan di setiap kamar. Septic tank di bawah vila dibuat ramah lingkungan sehingga limbah yang dilepaskan sudah dalam kondisi aman. Berada di tengah laut bukan berarti tanpa listrik, siaran TV dan WiFi. Pulo Cinta menggunakan energi surya (solar panel) 100% untuk memenuhi kebutuhannya.

Pelayanannya kasual dan dikerjakan oleh staf yang sebagian besar penduduk lokal. Resor menyediakan tiga kali makan (sarapan, makan siang, dan makan malam), free flow air mineral, teh, kopi dan minuman ringan. Serta romantic dinner berdasarkan permintaan.

Vila di Pulo Cinta Eco Resort.(Foto: pulocinta.com)

Vila di Pulo Cinta Eco Resort.(Foto: pulocinta.com)

Terumbu karang di sekitar pulau pasir telah mulai hidup kembali. Aneka ikan warna-warni berseliweran tepat di bawah kaki. Anda bisa melihatnya saja dari atas teras, tetapi akan lebih indah kalau berenang atau snorkeling ke dalamnya. Dengan biaya tambahan, bisa diatur perjalanan island hoping untuk snorkeling, menyelam atau mengunjungi Kampung Bajo. Ada empat destinasi penyelaman tidak jauh dari Pulo Cinta Eco Resort.

#03 The Menjangan Resort

The Menjangan Resort merupakan salah satu akomodasi pionir di ujung barat Pulau Bali. Lokasinya sekitar 15 menit dari pelabuhan penyeberangan Gilimanuk dan 4 jam perjalanan darat dari kawasan selatan (Kuta atau Denpasar).

Bangunan paling ikonik di Bali Barat,lobby di The Menjangan Resort,Taman Nasional Bali Barat.(Foto:YD)

Bangunan paling ikonik di Bali Barat,lobby di The Menjangan Resort, Taman Nasional Bali Barat.(Foto:YD)

Bangunan pertamanya adalah Residential, sebuah residen terdiri dari 3 kamar dengan pelayanan butler pribadi. Lalu ada The Lodge terdiri dari kamar-kamar dan beberapa unit kamar dalam bangunan terpisah. Di sini dilengkapi dengan kolam renang. Dan cottage di tepi pantai.

Resor ini mempunyai satu restoran di tepi pantai dan bistro di lantai dua bangunan lobby resor yang ikonik. Menu di resor ini freshly cook sehingga waktu menunggu terbayar dengan rasa segar makanannya. Ruang spa berada di tengah rimbunan pohon mangrove. Untuk bersantai ada pantai-pantai mungil dengan day bed, dan jetty bersama.

Jika beruntung, saat sarapan bisa melihat kawanan menjangan melewati pantai di depan restoran. Terkadang ada menjangan berkeliaran di area resor. Pulau Menjangan berada sekitar 30 menit dari resor. Di sana merupakan salah satu titik penyelaman dan snorkeling yang dikunjungi banyak wisatawan. Aktivitas lainnya, trekking di dalam taman nasional untuk melihat beragam jenis burung bersama jagawana pada pagi hari atau menunggangi kuda di sore hari.

Sekelompok menjangan liar di depan pantai The Menjangan Resort waktu sarapan pagi merupakan satu atraksi natural yang memikat.(Foto:YD)

Sekelompok menjangan liar di depan pantai The Menjangan Resort waktu sarapan pagi merupakan satu atraksi natural yang memikat.(Foto:YD)

Taman Nasional Bali Barat adalah satu-satunya taman nasional di Indonesia yang mempunyai fasilitas akomodasi terbaik. Sekarang di dalamnya ada dua resor, The Menjangan Resort dan The Plataran.

#04 Kaliandra Resort & Eco Farm

Anda akan merasa terlempar ke era kolonial di Suite di Kaliandra Resort & Eco Farm. Waktu seakan berputar kembali ke belakang ketika memasuki foyer bangunan berarsitektur palagian. Di teras belakang di bangunan vila utama kerap dipakai untuk jamuan makan atau pesta kebun. Jamuan makannya bisa dipesan a la risjtafel dengan hidangan masakan Indonesia.

Lorong menuju foyer di dalam bangunan vila utama di Kaliandra Resort & Eco Farm,Pasuruan,Jawa Timur.(Foto:YD)

Lorong menuju foyer di dalam bangunan vila utama di Kaliandra Resort & Eco Farm, Pasuruan, Jawa Timur.(Foto:YD)

Bangunan utama, Wellness Center dan Suite, dan pusat kebugarannya dibangun dengan arsitektur seperti chateu di Eropa. Termasuk penataan ruang di dalamnya. Bangunan kolonial baru di dalam resor akan dibuka pada pertengahan tahun 2018.

Selain itu, ada cottage rumah joglo dan bangunan modern dua lantai yang bisa mengakomodasi lebih banyak orang. Di kompleks ini dilengkapi dengan restoran, pendopo besar dan kecil, serta taman asri. Tersedia pula camping ground yang biasa dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah dan program outing perusahaan.

Kaliandra Resort menawarkan spa dengan teknik dari Jepang tetapi 90% menggunakan bahan-bahan lokal yang bisa diperoleh dari sekitar resor. Program spa yang ditawarkannya cenderung untuk kesehatan.

Vila rumah joglo salah satu pilihan bagi tamu yang datang bersama keluarga atau grup kecil di Kaliandra Resort & Eco Farm.(Foto:YD)

Cottage rumah joglo salah satu pilihan bagi tamu yang datang bersama keluarga atau grup kecil di Kaliandra Resort & Eco Farm.(Foto:YD)

Menu makanan dan minuman di resor ini menggunakan bahan-bahan pangan organik yang ditanam sendiri di dalam resor. Pertanian organiknya (eco farm) melibatkan warga di sekitar.Sebelumnya mereka pernah menjadi pembalak.

Kaliandra Resort & Eco Farm berada di ketinggian sekitar 800 mdpl di kaki Gunung Arjuna, Pasuruan, Jawa Timur. Jika tidak hujan, alangkah menyenangkan mengelilingi resor dengan berjalan kaki di kontur tanah berbukit-bukit di bawah pepohonan rimbun. Keberadaan resor dan pertanian organiknya diharapkan dapat membantu upaya pemulihan lereng gunung yang pernah gundul serta mengembalikan sumber-sumber mata air.*** (Yun Damayanti)