AFKLM-logo Untuk kesebelas kali berturut-turut, Air France-KLM memimpin dalam kategori Perusahaan Penerbangan dalam daftar Dow Jones Sustainability Index (DJSI). Selama tujuh tahun terakhir, juga dinobatkan sebagai pemimpin dalam sektor Transportasi meliputi transportasi udara, kereta, laut dan darat serta operasional bandara.

Air France-KLM tengah berkonsentrasi pada empat isu utama, yakni:

–          Mengurangi dampak lingkungan dengan mengoptimalkan kegiatan operasional, berinovasi dengan rantai pasokan serta melibatkan seluruh staf dan industri penerbangan.

–          Mempertimbangkan tantangan-tantangan tanggung jawab sosial perusahaan dari seluruh rantai layanan demi menyediakan produk serta layanan yang inovatif dan penuh tanggung jawab kepada pelanggan.

–          Mempromosikan kebijakan sumber daya  manusia yang bertanggung jawab serta mendorog pengembangan secara personal untuk memastikan terjaganya motivasi dan profesionalisme karyawan.

–          Berkontribusi terhadap pengembangan ekonomi dan sosial di wilayah dimana Air France-KLM beroperasi.

“Setiap hari Air France-KLM berupaya sebaik mungkin untuk merancang masa depan transportasi udara. Kami ingin menyediakan layanan transportasi yang peduli, inovatif serta penuh tanggung jawab terhadap lingkungannya. Kami berniat untuk menjaga posisi sebagai yang terdepan dalam industri transportasi udara,” ujar Alexandre de Juniac, Chairman and CEO of Air France-KLM.

Penerbangan ini tengah melanjutkan inisiatif penggunaan biofuel dengan cara mengoperasikan beberapa penerbangan yang menggunakan biofuel berkelanjutan dan mendorong industri penerbangan menciptakan pasar untuk biofuel. Selain itu, maskapai juga telah berinvestasi merancang produk-produk ramah lingkungan yang digunakan di atas pesawat (in-flight) dalam rangka menurunkan emisi CO2.

Grup ini telah diakui sebagai pemimpin dalam pengembangan yang berkelanjutan pada sektor transportasi udara. Dan pemimpin pasar dalam tiga bisnis utamanya, yaitu transportasi penumpang, kargo dan perawatan pesawat.

Diangkutnya setahun 87,4 juta penumpang serta 1,3 ton mauatan kargo. Grup ini memiliki armada sebanyak 546 pesawat dan jaringannya mencakup 316 destinasi di 115 negara. Pusat operasi maskapai dari Bandara Internasional Charles de Gaulle di Paris, Perancis dan Bandara Internasional Schipol di Amsterdam, Belanda. Program frequent flyer “Flying Blue” mempunyai 25 juta anggota dan menjadi pemimpin di sektornya di Eropa.

Anggota SkyTeam Alliance yang beranggotakan 20 perusahaan penerbangan, menawarkan para pelanggan akses ke jaringan global dengan lebih dari 16.329 penerbangan setiap hari ke 1.052 destinasi di 177 negara. Dari Indonesia, Air France-KLM menawarkan penerbangan Air France antara Jakarta-Charles de Gaulle Paris melalui Singapura dan Jakarta-Schipol Amsterdam melalui Kuala Lumpur setiap hari.

Dow Jones Sustainability Index (DJSI) mencakup perusahaan-perusahaan paling efisien dalam bidang tanggung jawab sosial perusahaan di seluruh dunia dan diseleksi oleh RobecoSAM, yakni perusahaan pengelola aset global yang menilai keberlanjutan perusahaan. *** (Yun Damayanti)