Ini gambar cover depan brosure menjual paket wisata tujuan Bali-Lombok, di Australia.(Foto:AH)

Ini gambar cover depan brosure menjual paket wisata tujuan Bali-Lombok, di Australia.(Foto:AH)

Kalau Anda secara pribadi, perusahaan kecil atau besar, berbisnis agen perjalanan untuk wisata, di tengah lajunya perkembangan OTA (Online Travel Agent),– jangan kuatir lantaran tetap masih ada nilai lain yang disukai konsumen. Bisakah Anda “merebut kepercayaan” dari seling agent Anda di luar negeri? Atau langsung dari konsumen? Wisatawan lebih menaruh kepercayaan pada agen travel untuk memesan kebutuhan perjalanan mereka, memandang agen sebagai sumber yang dipercaya untuk saran-saran terkait perjalanan dan keselamatan.

Indikasinya diungkap oleh sebuah laporan penelitian SureSave dari Australia, bahwa sejak tahun 2012 telah terjadi lonjakan 15 persen dalam hal  wisatawan menggunakan agen sebagai metode pemesanan perjalanan dan asuransi pembelian perjalanan. Lebih dari 70 persen warga Australia melihat agen sebagai ‘sumber terpercaya untuk saran-saran perjalanan dan keselamatan’, menurut ‘SureSave 2016 Travel Insurance Index’. SureSave itu melaksanakan riset secara tahunan, ditugaskan secara independen oleh perusahaan asuransi perjalanan, melibatkan 1.000 responden.

Temuan juga menunjukkan bahwa 36 persen warga Australia memesan perjalanan liburan ke luar negeri terakhir mereka melalui agen perjalanan, baik di toko atau melalui telepon, sehingga metode menggunakan agen perjalanan itu menjadi yang paling populer untuk pemesanan perjalanan di Australia.

Direktur SureSave, Talbot Henry, dikutip dan disiarkan oleh Travel Weekly kemarin (20/7/2016) mengatakan bahwa penelitian menemukan beberapa wawasan berharga tentang perilaku wisatawan dan persepsi tentang agen; tentang pemesanan wisata; dan mengenai polis asuransi.

Talbot dikutip Travel Weekly mengatakan, “Agen telah menjadi sumber saran yang lebih terpercaya bagi wisatawan sejak kami memulai riset tahunan kami empat tahun lalu. Kami percaya ini adalah karena wisatawan yang ingin layanan yang lebih tinggi ketika datang ke perjalanan umum dan asuransi perjalanan khususnya.”

Pada 2015, bencana alam dapat berdampak besar pada wisatawan Australia, terutama di Nepal dan Bali ketika wisatawan menerima manfaat dari pengetahuan dan keahlian yang dimiliki oleh Agen Travel, dan itu dirasakan menjadi nilai lebih nyaman dibandingkan tawaran-tawaran harga pada pembelian secara online.

Penelitian juga mengungkapkan untuk wisatawan perjalanan liburan internasional terbaru, 29 persen responden mengatakan bahwa mereka membeli polis asuransi perjalanan mereka dari agen perjalanan, membuat ini pilihan yang paling populer untuk membeli asuransi perjalanan di Australia.

Indeks Travel Asuransi SureSave 2016 adalah penelitian keempat tiap tahun berturut-turut secara independen.    SureSave menawarkan sesuatu yang baru untuk wisatawan yang disebutnya  : Dunia Bantuan. SureSave menyediakan bantuan keselamatan dan asuransi untuk wisatawan pada saat sebelum, selama dan setelah perjalanan mereka.

Tentang SureSave ini dapat diketahui lebih jauh pada web nya: https://www.suresave.com.au/.***