Ratna Widyasari Bupati Kutai Kartanegara, Putu Ngurah, Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, dan Fransesca Nina Asisten Deputi Analisis Data Pasar Pariwisata Nusantara Kemenpar (ki-ka)  saat jumpa pers persiapan EIFAF di Jakarta (12/8).(Foto:Humas)

Ratna Widyasari Bupati Kutai Kartanegara, Putu Ngurah, Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, dan Fransesca Nina Asisten Deputi Analisis Data Pasar Pariwisata Nusantara Kemenpar (ki-ka) saat jumpa pers persiapan EIFAF di Jakarta (12/8).(Foto:Humas)

Apakah Anda merasa surprised? Pesta Adat Erau di Kalimantan Timur dijadikan internasional dengan menamakan event-nya Erau International Folk Arts Festival (EIFAF), akan digelar minggu depan 20-28 Agustus 2016, di Kota Kutai Kartanegara (Kukar). Aslinya dua event yaitu Pesta Adat Riau, sudah tradisi lama dilaksanakan setiap tahun sejak abad13; lalu ada event Folks Arts Festival. Nah, tahun ini kegiatan Festival itu akan diikuti   218 peserta  dari luar negeri terbagi dalam 10 grup   dari 9 negara yakni Estonia, Amerika, Taiwan, Bulgaria, Polandia, Rumania, Kanada, Rusia, Lithuania. Sedangkan kesenian rakyat dari berbagai daerah nusantara akan ada 17 grup.

Surprised kah Anda? Ya, itu dimungkinkan berkat kerjasama yang dilakukan Kabupaten Kutai Kartanegara dengan pihak lembaga internasional di Perancis bernama Council International Of Foklore Festival (CIOFF)

“Bagi masyarakat internasional, even ini menarik karena di jaman modern masih ada upacara adat unik dan telah digelar sejak abad 13 hingga kini masih dilestarikan. Itulah pendorong ketertarikan CIOFF,  yang bermarkas di Paris, Prancis siap bergabung dengan acara adat Erau, “ kata Rita Widyasari  Bupati Kutai Kartanegara dalam jumpa pers persiapan EIFAF di Gedung Sapta Pesona, kantor Kemenpar, Jumat (12/8).

Menurut Rita, kegiatan ini berfokus pada upaya melestarikan budaya bangsa melalui upacara Adat Erau yang menjadi kekuatan Kutai Kertanegara.

Salah satu penampilan peserta manca negara pada Folk Arts Festival tahun 2015.(Foto:Ist)

Salah satu penampilan peserta manca negara pada Folk Arts Festival tahun 2015.(Foto:Ist)

Sementara itu Asdep Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Putu Ngurah mengatakan bahwa Even EIFAF menjadi magnet yang kuat dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kukar yang tahun lalu sebanyak  1.450.748 orang atau pertumbuhannya dua digit.

Diperkirakan akan melibatkan 50 ribu pengunjung selama 9 hari penyelenggaraanya, terdapat lima puluh hotel di Kukar siap menampung kunjungan wisatawan. Bahkan hotel di Samarinda yang jaraknya 1 jam perjalanan darat dari Kukar juga akan ikut  penuh saat ajang ini berlangsung.

Beberapa objek wisata yang menarik disana antara lain Dayak Experience Center,  Planetarium Jagad Raya, Waduk PanjiSukarame, Museum Kayu Tuah Himba, dan Pantai Tanjung Harapan Samboja.

Upacara adat Erau akan berlangsung di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, sedangkan  kegiatan di luar keraton  antara lain pesta rakyat yang tersebar di berbagai ruang publik dalam bentuk pertunjukan seni budaya dan upacara tradisi masyarakat;  lomba permainan tradisional; pertandingan olah raga tradisional;  lomba pacu perahu motor tradisional; Erau expo dan bazaar; dan  festival kuliner  dan tradisi beseprah atau makan bersama duduk bersila yang dilaksanakan di jalan utama sepanjang 1 km bersama masyarakat.***