Travex pada JTX 2015. (Foto:YD)

Travex pada JTX 2015. (Foto:YD)

Jawa Barat Travel Exhange (JTX) 2016 akan segera berlangsung pada tanggal 24-26 Mei 2016 di Bandung, Jawa Barat. Pada JTX tahun lalu, 110 pembeli dari dalam dan luar negeri bertemu dengan 70 penjual dari Jawa Barat dan beberapa daerah di Indonesia. Tahun ini, 80 perusahaan dari Jawa Barat dan luar provinsi akan menjual produk-produk terbarunya kepada 140 pembeli dari mancanegara dan domestik. Pembeli mancanegara akan datang dari 16 negara.

Pembeli mancanegara tidak hanya datang dari pembeli tradisional seperti Malaysia, Singapura, Belanda, Jerman, dan Jepang. Pembeli baru diantaranya datang dari Brunei Darussalam, Austria dan India. Pembeli dari pasar-pasar baru yang sedang berkembang di Bandung khususnya dan Jawa Barat umumnya seperti dari Thailand, Vietnam, dan Arab Saudi pun hadir kembali.

Kegiatan travel exchange JTX 2016 akan berlangsung pada hari Rabu, 25 Mei 2016. Grand Royal Panghegar Hotel kembali menjadi tempat pertemuan bisnis selama sehari penuh tersebut.

Merespon antusiasme yang cukup besar dari pembeli mancanegara dan domestik terhadap JTX 2016, penyelenggara akan mengadakan pre dan post tour. Pre-tour akan dilaksanakan pada tanggal 24 Mei khusus bagi pembeli dari luar negeri. Ada 2 pilihan program yang dapat dipilih, tur ke utara diantaranya mengunjungi Tangkuban Parahu dan Ciater, atau tur ke selatan diantaranya mengunjungi Kawah Putih. Sedangkan post-tour akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei yang diperuntukkan bagi pembeli domestik. Mereka juga ditawarkan 2 pilihan program, wisata di dalam kota Bandung atau tur ke kawasan utara kota.

Media dari Brunei dan Belanda pun direncanakan akan meliput JTX edisi ke-18 dan pariwisata Bandung dan Jawa Barat, selain media lokal dan dari Jakarta. *** (Yun Damayanti)